Warga Tebo, Niat Peduli Rohingya, Na’as Diciduk Polisi Sarolangun

88

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-Niat baik Warga Tebo peduli Rohingya inisial (MH) (46) tahun memberi bantuan donasi kemanusiaan akhirnya di ciduk petugas Polisi Sarolangun dalam melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat peduli muslim Rohingya di Jalan Lintas Sumatera Desa Bukit Tigo Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun, Jumat 15 September 2017.

Pasalnya menurut Pers Rilis Kapolres Sarolangun AKBP. Dadan Wira Laksan, S.Ik, M. Ap, senin (8/9/2017) dan atas nama pelapor Hery Kusmanto No: LP/A-76/IX/2017/Jambi/Res Sarolangun Pers Rilis, ada dua orang sedang mengendarai sepeda motor jenis Yamaha Mio Soul warna hitam-merah melintas dari arah Pelawan menuju Singkut, pada saat itu satu orang laki2 berada didepan sedangkan satu orangnya lagi berada dibelakang sepeda motor yang dikendarai pelaku.

Kemudian pelaku berhenti karena ada kegiatan masyarakat yang meminta sumbangan Peduli kemanusiaan Rohingya, dan pada saat itu pelaku mengambil uang yang berada disaku celana bagian kanan lalu diberikan kepada perempuan yang ada dibelakang pelaku lantas perempuan tersebut memberi uang kepada panitia Rohingya.

Pada saat perempuan tersebut khendak memberi uang pada panitia donasi yang memegang kotak sumbangan namun pelaku bernasib na’as ternyata pelapor melihat ada barang yang jatuh di atas aspal jalan dari tangan perempuan tersebut.

Namun seketika itu juga pelapor mendekati barang yang jatuh tadi dan ternyata barang tersebut berupa satu (1) klip plastik yang didalamnya berisi serbuk kristal bening dan diduga barang tersebut Narkotika berjenis Sabu.

Selanjutnya pelapor memerintahkan kepada perempuan tersebut untuk mengambil barang yang diduga narkotika yang berjenis sabu, kemudian pelaku dan juga seorang perempuan tadi diamankan oleh pelapor dan juga Bripka Fran Hendriadi beserta Bripka Agung Rahmadi Widodo berikut barang bukti diamankan ke Polres Sarolangun, dan pada kejadian tersebut diketahui dua (2) orang saksi yakni, Ali Ridho Bin Mas’ud dan Ainul Yaqin Bin Abdul Mutholib warga Desa Sungai Merah Kec. Pelawan Kabupaten Sarolangun.

Barang bukti yang diamankan berupa satu klip plastik berisi kristal putih bening diduga narkotika berjenis sabu, sati (1) helai celana pendek hitam, dan satu (1) unit kendaraan sepeda motor Yamaha Mio Soul tanpa dilengkapi Nomor Polisi (Nopol).

Tersangka dijerat pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika “setiap orang yg tanpa hak atau melawan hukum memiliki, memyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika Golongan 1 bukan tanaman, dipidana dg pidana penjara paling singkat empat (4) tahun dan paling lama dua belas (12) tahun dan denda paling sedikit Rp. 800.000.000.00 dan paling banyak Rp. 8.000.000.000.00 miliar rupiah.

(Sopyan Abusro)