Warga Pembakar Lahan Di Limbur Tembesi Kab. SarolangunTerancam 12 Tahun Penjara

49

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN- Tim Satgas Korhutla Kabupaten Sarolangun pada Selasa (5/9/2017) sekitar pukul 13.00 Wib lalu terpaksa mengamankan satu orang warga RT 01 Kelurahan Lembur Tembesi Kecamatan Bathin VIII.

Warga bernama Keling Bin Namawi ini ditangkap, setelah dihimbau oleh Satgas untuk tidak membakar lahan. Namun seruan petugas tidak di indahkan sementara pelaku tetap saja meneruskan membakar lahan tersebut.

Kapolres Sarolangun AKBP Dadang Wira Laksana SIK M.AP dikonfirmasikan membenarkan adanya penangkapan tersebut. Dikatakan Kapolres, kejadian pembakaran lahan ini terjadi dipinggir Jalan Lintas Sumatera Desa Lembur Tembesi tak jauh dari Kantor Kelurahan Lembur Tembesi Kecamatan Bhathin VIII.

“Saat kejadian salah satu saksi “petugas red” sedang melaksanakan giat rutin Patdu Manggala Agni dan melihat ada seseorang melakukan pembakaran lahan,”kata Kapolres.

Saat dihampiri oleh petugas yang ketika itu berjumlah lima orang dan dihimbau untuk tidak meneruska membakar lahan, pelaku malah tidak memperdulikannya.

“Tak lama kemudian Kapolsek Bathin VIII juga turun kelokasi dan akhirnya pelaku diamankan di Mapolsek,”terang Kapolres.

Atas persitiwa ini selain pelaku, polisi juga memgamankan berapa-barang bukti yakni satu botol minyak tanah,satu batang batang bambu,korek api gas,batang kayu bekas terbakar,satu buah parang serta pakaian dan celana pelaku.

“Tersangka dikenakan pasal187 ayat 1 KUHp atau pasal 188 Kuhpdengan ancaman pidana hukuman paling lama 12 tahun penjara,”tegasnya.

(Rul/SA/MY)