Warga Ladang Panjang Gotong Royong Bangun Masjid An-Najah 

191

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN -Budaya gotong- royong merupakan tradisi bangsa Indonesia yang hidup dan berkembang sejak zaman dulu. Gotong royong bahkan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat khususnya di pedesaan. Hal inilah yang ditunjukkan oleh warga Desa Ladang Pajang , Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun, Minggu (06/05/2018).

Puluhan warga baik pria dan wanita sejak pagi hari bahu membahu membangun Masjid An-Najah yang digadang- gadang bakal menjadi yang terbesar di se-Desa Ladang Pajang . Menariknya, para prianya berkutat dengan material bangunan, para ibu-ibunya menyediakan konsumsi baik berupa air minum dan juga makanan.

Kegiatan gotong- royong ini berlangsung pada hari minggu berdasarkan kesepakatan bersama warga desa Ladang Pajang,  puluhan warga yang bergotong- royong secara bergiliran. Hal ini mengingat bahwa warga juga mempunyai pekerjaan,  dan kewajiban yang harus dijalankan. Walau begitu, ada saja warga yang telah usai beraktivitas membantu warga yang mendapat giliran pada minggu ini.

“Karena banyak warga juga mempunyai aktivitas dan kewajiban dalam pekerjaan lain, maka kesepakatannya setiap hari.  orang yang bergotong- royong dan setiap hari begitu, tapi warga yang tidak kena giliran juga sering membantu kalau tidak ada pekerjaan lain,” kata  H. Tarmizi kepala desa Ladang Pajang,

Menurutnya, Masjid yang merupakan cikal bakal tempat ibadah di Desa Ladang Pajang, ini sebelum di pugar merupakan Masjid yang paling setegis dan yang pailing besar di desa Ladang Panjang yang dibangun,  mengingat kapasitas Masjid sudah tidak mencukupi menampung Jama’ah.

Maka dibangunlah Masjid dengan dua tingkat dengan menelan biaya hingga miliar. Pembangunan masjid yang sudah berjalan 50 persen.  ini selain hasil dari swadaya -masyarakat dan juga merupakan sumbangan dari pemerintah Kabupaten Sarolangun, perusahan dan Perusahaa PT. Batu bara yang ada di desa Ladang Pajang dan pihak swasta.

Sementara itu, tokoh pemuda Pandu, kepala Desa yang sekaligus panitia pembangunan Masjid Desa Ladang Pajang, H. Tarmizi menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak khususnya warga Desa Ladang Pajang yang telah berpartisipasi ikut membantu baik dengan tenaga, pikiran maupun materi.

Selain itu juga kepada pemerintah daerah Kabupaten Sarolangun dan pihak swasta yang turut membantu sehingga pembangunan rumah ibadah di desa Ladang Pajang dapat dilaksanakan.
“bentuk tekad warga dan para Rt Desa Ladang Pajang untuk membangun Masjid An-Najah desa Ladang Pajang untuk sarana ibadah, dan kami mohon doa restu agar pembangunan cepat selesai,” harap kepala desa Ladang Panjang. Tarmizi.

(Afdol)