Wakil Bupati H.Hilallatil Badri Buka Rapat Koordinasi Orang Asing

184

SAROLANGUN-Kesbang pol Kabupaten Sarolangun  melaksanakan rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) untuk wilayah kerja Kabupaten Sarolangun.

Rapat Koordinasi tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sarolangun H. Hilallatil Badri yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun, Kamis 4 Maret 2021 / Khamis 20 Rajab 1442.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kajari Sarolangun, Dandim 0420/SARKO yang diwakili Oleh Perwira Pengubung, Asisten pemerintah, Kaban Kesbangpol Kadis Ketenagakerjaan, Kadis Dukcapil, dan para undangan lainya.

Rapat TIM PORA ini bertujuan untuk penguatan sinergitas tim pengawasan orang asing Kabupaten Sarolangun dalam tatanan kenormalan baru serta saling berbagi informasi terkait aktivitas orang asing di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Kepala Kesbangpol Kab Sarolangun ketika dikonfermasi menyampaikan,” bahwa latar belakang diadakannya rapat TIM PORA tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat ini perlintasan manusia dari suatu negara ke Indonesia sangat tidak ada lagi batasannya, ucapnya.

“Dasar itulah diperlukan sinergitas antara instansi Imigrasi dengan instansi lainnya untuk saling bergandengan tangan dalam pengawasan terhadap kegiatan orang asing di Indonesia, Sumatera Usus nya di Provinsi Jsmbi pada umumnya dan di Kabupaten Sarolangun, pada khusunya sesuai dengan pasal 69 UU nomor 6 Tahun 2011,” ungkap Kakan Kebangpol ini.

Sementara Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri dalam sambutannya menyampaikan,” keberadaan orang asing perlu diwaspadai karena sangat potensial akan di boncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab seperti perdagangan manusia (Human Trfficking), lintas barang terlarang (narkoba) yang dampaknya terhadap sosial budaya dapat mengancam stabilitas negara dan daerah, namun disisi positifnya kehadiran orang asing juga dapat meningkatkan investasi yang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan kemajuan bangsa, katanya.

“oleh karena itu dalam rangka mengantisipasi hal yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan ideologi, politik dan sosial budaya atas keberadaan orang asing dan organisasi, masyarakat asing di daerah perlu dilakukan pengawasan yang ketat berdasarkan tugas pokok dan fungsi masing masing instansi yang terkait, dan karenanya dibutuhkan koordinasi antar instansi mutlak harus dilakukan” ujur Wakil Bupati.

“Dan melalui rapat tim pengawasan orang asing yang dilaksanakan pada hari ini diharapkan dapat menyamakan persepsi dan dilakukan secara terarah dan terkoordinasi sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan yang tidak berlebihan dan memicu terganggunya kenyamanan dan  kelancaran aktivitas orang asing di Kabupaten Sarolangun, namun tetap dalam koridor pengawasan yang dilandasi oleh nilai-nilai budaya bangsa, ketentuan dan aturan yang berlaku,” pungasnya Wakil Bupati Sarolangun

Sebagai narasumber dalam acara rakor tesebut adalah Kaban Kesbangpol Sarolangun.#.af.Rn.