Wabup Hillalatil Badri Lantik Kades Mekar Sari Hasil Pilkades Serentak 2021

187

SAROLANGUN – Wakil Bupati Sarolangun H. Hillalatil Badri mewakili Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra melantik secara resmi dan mengambil sumpah jabatan Dasep Kurniawan sebagai Kepala Desa (Kades) Desa Mekar Sari Kecamatan Pelawan, hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III di Kabupaten Sarolangun yang diselenggarakan pada tanggal 15 Juli 2021, sekaligus pelantikan Tim penggerak PKK Desa Mekar Sari, bertempat di kantor Camat Pelawan, Rabu 18 Agustus 2021.

Pelantikan Kades terpilih Desa Mekar Sari Kecamatan Pelawan berdasarkan Keputusan Bupati Sarolangun nomor 221/DPMD/ 2021, tanggal 27 Juli 2021, ditandatangani Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra.

Hadir pada pelantikan Kades Mekar Sari Sekretaris Daerah
(Sekda) Ir. Endang Abdul Naser,
Ketua DPRD Tontawi Jauhari, SE,Asisten Pemerintahan Arif Ampera, Kholidi Staf ahli Bupati,Anggota DPRD Fraksi PKS Fadlan Kholik, SE, Kadis PMD Mulyadi, S. Sos, Camat Pelawan Deni Subhan, para perwakilan OPD dan unsur Tripika.

Turut hadir Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Sarolangun Lily Suryani Hillal serta segenap pengurus, dan jajaran pengurus TP PKK Kecamatan Pelawan ,para Kades se Kecamatan Pelawan, Lembaga Adat, Tokoh agama dan perwakilan dari tokoh masyarakat.

Wakil Bupati (Wabup) Hillalatil Badri dalam pidato dan arahannya mengucapkan selamat kepada Kades yang dilantik dan terimakasih kepada pejabat Kades sebelumnya yang telah mengabdi di masyarakat desa Mekar Sari.

“Selamat bekerja, semoga dapat mengemban amanah dengan sebaik baiknya,” kata Wabup.

Dalam arahannya Wabup juga membeber tugas tugas seorang kades, salah satunya adalah mendukung program pemerintah dalam masa pandemi, yakni vaksinasi menyeluruh bagi semua masyarakat.

“Ini perlu kesadaran kita bersama, harus jujur dalam pelaksanaan vaksin,” tambah Wabup.

Tak lupa Wabup menhimbau semua masyarakat agar sama- sama ikut vaksinasi covid 19, Ia juga memohon masyarakat mengurangi acara pesta yang mengumpulkan banyak orang dan selalu mematuhi prokes.

Wabup menyebut pihak Pemkab selalu berupaya maksimal dalam mencukupi kebutuhan oksigen yang dibutuhkan pasien dan kebutuhan kesehatan lainnya.

“Laksanakan prokes, lakukan vaksinasi, kami selalu berupaya maksimal dalam mencukupi kebutuhan oksigen yang dibutuhkan pasien,” ujar Wabup.

Dalam pelaksanaan anggaran yang digelontorkan pemerintah ke desa, Wabup berharap Kades dapat mengelola dengan baik.

“Dana yang digelontorkan pemerintah harus dikelola dengan baik, jangan menabrak undang undang. Kalau kita paksakan kita akan berhadapan dengan hukum,” harap Wabup.

“Patuhi aturan, sehingga kita tidak salah dalam menjalankan pemerintahan,” imbuhnya.

Kades juga diharapkan dapat memberdayakan perangkat desa yang ada dan melakukan pengangkatan atau pemberhentian aparat desa sesuai regulasi yang berlaku.

Selain masalah pandemi covid 19, kades juga diharapkan bisa melakukan langkah preventif dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Pada akhir pidatonya, Wabup berpesan agar Kades memahami aturan, mengetahui batas-batas kewenangan kades dan harus melakukan kewajiban yang melekat pada diri seorang kades,agar pemerintahan desa berjalan dengan baik, masyarakat maju dan sejahtera. (*)