Wabup Hilallatil Badri: MTQ Momen Strategis dalam Mengisi Pembangunan

120

SAROLANGUN – Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun, di Desa Lubuk Sayak, yang diikuti 14 Desa se-Kecamatan Pelawan. Sabtu malam (5/10/2019).

MTQ Kecamatan Pelawan tahun 2019 mengusung tema “Dengan momentum MTQ ke XII Kecamatan Pelawan Kita wujudkan Masyarakat yang Cinta Alqur’an dan Berakhlakul Karimah”.

Dalam pembukaan acara MTQ ke XII dihadiri Ketua DPRD Tontawi Jauhari, Wakil ketua II Syahrial Gunawan, Fadlan Khalik, Kepala Kemenag M. Syatar, Kabag Kesra Fuady, Camat Pelawan Hudri, Kapolsek Pelawan Singkut, Danramil , para pimpinan Pondok pesantren, para Kades se Kecamatan Pelawan dan ratusan Masyarakat Pelawan.

Pembukaan MTQ juga dihadiri undangan khusus, Buya KH. Syatar Shaleh dari Bangko Kabupaten Merangin yang merupakan guru dari para Kiyai dan Pengasuh Pondok Pesantren di Kabupaten Sarolangun yang mengisi tausiah pada momen yang sakral ini, tepatnya di lokasi Pondok Pesantren Sa’adatuddarein.

Dalam sambutannya Wabup Hillallatil Badri mengatakan MTQ adalah momentum strategis dalam mengisi pembangunan, dengan pengamalan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari dan dalam menjalankan pemerintahan.

“MTQ adalah momentum strategis dalam mengisi pembangunan, dengan pengamalan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari dan dalam menjalankan pemerintahan, mewujudkan Baldatun thayyibatun warabbun Ghafur,” ucap Wabup.

Senada dengan Wabup, Camat Hudri dalam sambutannya berharap MTQ ke XII tingkat Kecamatan Pelawan dapat meningkatkan daya baca Alqur-an dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari -hari.

“Kita berharap MTQ tingkat Kecamatan Pelawan ini dapat meningkatkan daya baca Alquran dan masyarakat dapat mempraktekkan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Camat

Lanjut Camat, Cermin dari pengamalan Alqur’an akan terlihat dalam meningkatnya kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah dan pengamalan nilai -nilai Alquran pada kehidupan bermasyarakat.

“Pengamalan Alquran akan terlihat dalam meningkatnya kegiatan keagamaan seperti Shalat berjamaah, meningkatnya pengajian Alqur’an dan pengamalan nilai -nilai Alquran pada kehidupan bermasyarakat,” lanjut Camat.

Camat juga menyebut Alqur’an dapat membentengi ummat dan generasi muda dari pengaruh negatif yang dapat mengancam Kehidupan.

“Alqur’an dapat membentengi ummat dan generasi muda dari pengaruh negatif yang dapat mengancam Kehidupan, Alhamdulillah MTQ Kecanatan Pelawan diikuti semua desa se kecamatan Pelawan,” pungkas Camat Hudri.

Pada sesi lain pembukaan MTQ, masyarakat dan undangan yang hadir disuguhi tausiah agama islam yang disampaikan Buya KH Syatar Shaleh dari Bangko -Merangin.

Dalam tausiahnya Buya mengajak masyarakat agar menyinari rumah dengan bacaan Alqur’an dan meningkatkan amal ibadah dengan membumikan Alqur’an di rumah.

“Mari kita sinari rumah kita dengan bacaan Alquran, tingkatkan ubudiyah Kita dan amaliyah kita dengan membumikan Alqur’an di rumah kita,” seru Buya Syatar. (*)

Reporter : Abah Agus