Wabup Hilal Pimpin Apel Gabungan Siaga Bencana Hidrometeorologi

51

Foto: Wabup H. Hilallatil Badri saat menjadi Pembina Apel Gabungan Hidrometeorolago

SAROLANGUN – Badan Penang-gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun menggelar Apel gabungan Siaga Bencana Hidrometeorologi (Banjir, Banjir Bandang, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung), Rabu (29/1/2020) di halaman kantor BPBD Sarolangun.

Wakil Bupati Sarolangun H Hilallatil Badri (Wabup) bertindak sebagai Pembina Apel yang dihadiri unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar, Manggala Agni, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial (Tagana), PMI serta pegawai BPBD.

Turut hadir, Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser, Kabag Ops Polres Sarolangun, Dandim 0420/Sarko, Asisten, Kepala OPD dan para Camat serta tamu undangan lainnya.

Apel ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh pembina Apel dilanjutkan dengan penyematan tanda siaga bencana dan pemeriksaan berbagai alat perlengkapan seperti perahu karet, mobil Damkar, mobil BPBD dan lain-lainnya yang telah disiapkan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Wabup H. Hilallatil Badri mengapresiasi Satgas apel siaga bencana Hidrometeorologi. Menurutnya apel siaga bencana merupakan suatu bentuk kesiap_siagaan dan keseriusan Pemkab Sarolangun dalam menghadapi bencana.

” Bencana tidak bisa ditolak, namun yang terpenting bagaimana upaya meminimalisir,” ucap Wabup.

Menurutnya bencana tidak hanya terjadi di daerah kita saja. BMKG sudah mengekspos jika bencana terjadi merata di seluruh wilayah Indonesia. Yang mana bencana tersebut berulang setiap tahunnya.

” Untuk itu kita harus meningkatkan pemahaman dan koordinasi sesama instansi sehingga bencana bisa ditanggulangi dengan cepat dan tepat,” terang Wabup, yang menurutnya kesiapsiagaan semua Satgas sangat penting dalam menghadapi bencana. (*)

(Abah Agus)