Wabup H. Hilallatil Badri Buka Musrenbang Kecamatan Air Hitam

110

SAROLANGUN – Wakil Bupati Sarolangun H.Hilallatil Badri hadiri acara Musrenbang Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Pada acara pembukaan tersebut turut hadir Sekda Sarolangun Ir. Endang Abdul Naser, Anggota DPRD Kabupaten Sarolangun Dapil II, Asisten II Dedi Hendri, Kepala Bapeda H.Lukman, para Kepala OPD, Camat Air Hitam Bustra Desman, dan para Kepala Desa dalam Kecamatan Air Hitam.
Senin 02 Februari 2021 / al-Ithnayn 19 Jumdil Akhir 1442.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sarolangun H.Hilallatil Badri mengatakan jika pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, oleh karena itu, pelaksanaannya dinilai sangat penting dan bernilai strategis dalam upaya mencapai tujuan pembangunaan Nasional dan Daerah.

” Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk menyelaraskan, menajamkan dan menyepakati subtansi prioritas pembangunan. Selain itu menjadi wadah bagi usulan rencana program dan kegiatan yang berasal dari masyarakat, kemudian diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten dan sebagai bagaian tahapan proses penyusunan RKPD Kabupaten Sarolangun,” kata Wabup.

Selain itu, tambah Wabup usulan yang diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan hendaknya program pembangunan yang benar-benar tidak terakomodir melalui Dana Desa, ADD, Dana Kelurahan, P2D dan P2K serta merupakan skala prioritas yang membawa dampak positif bagi pengembangan Desa atau Kelurahan.

” Kemampuan Daerah kita untuk membiayai berbagai program dan kegiatan pembangunan masih sangat terbatas, untuk itu perlu kesadaran dan pemahaman semua pihak karena tak semua program dan kegiatan dapat didanai melalui APBD Kabupaten Sarolangun,” tambah Wabup.

Sementara Camat Air Hitam Bustra Desman mengatakan dalam kesempatan itu menyebutkan, berdasarkan hasil Musrenbang tingkat Desa dalam Kecamatan Air Hitam yang telah dilaksanakan sebelumnya, terdapat puluhan usulan yang disampaikan masyarakat.

” Ada 79 usulan dari 9 Desa yang ada dalam Wilayah Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun,” pungkasnya.

(SRF)