Wabub H. Hilallatil Badri Hadiri Musrenbang Kecamatan Bathin VIII

156

SAROLANGUN – Guna mencapai pembangunan yang matang dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Sarolangun pada umumnya dan Kecamatan Bathin VIII khususnya tidak terlepas dari usulan masyarakat, dimulai dari tingkat RT, Kelurahan/Desa dan tingkat Kecamatan.

Untuk mencapai usulan tersebut maka Kecamatan Bathin VIII melaksanakan kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Bathin VIII yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri di Aula Kantor Camat setempat, Selasa 02 Februari 2021 / ath-Thalaathaa 20 Jumadil Akhir 1442.

 

Turut hadir pada acara tersebut

Anggota DPRD Sarolangun H. Zulkipli Sudin, Ade Saputra, Asisten II Dedi Hendri, Kepala Bappeda H.Lukman, para Kepala OPD, Camat Bathin VIII Akhyar Mubarok beserta Kepala Desa dan unsur Tripika serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wabup H.Hilallatil Badri menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, oleh karena itu, pelaksanaannya dinilai sangat penting dan bernilai strategis dalam upaya mencapai tujuan pembangunaan Nasional dan Daerah.

Masih dikatakan Wabup, Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk menyelaraskan, menajamkan dan menyepakati subtansi prioritas pembangunan. Selain itu menjadi wadah bagi usulan rencana program dan kegiatan yang berasal dari masyarakat, kemudian diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kabupaten dan sebagai bagian tahapan proses penyusunan RKPD Kabupaten Sarolangun tahun berikutnya.

” Hendaknya usulan yang diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan, program pembangunan yang benar-benar merupakan skala prioritas yang membawa dampak positif bagi pengembangan Desa atau Kelurahan. Untuk itu harus bisa memilah dan memilih yang mana kebutuhan yang benar-benar efektif untuk memenuhi Kebutuhan masyarakat,” sebut Wabup.

Kepala Bappeda H.Lukman dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang ini digelar guna menyelaraskan dan menyepakati hasil musyarawarah Kecamatan, sehingga hasil usulan dari tingkat Desa/Kelurahan yang sudah ada dapat terakomodir.

Sementara anggota DPRD Sarolangun, H. Zulkipli Sudin dalam sambutannya meminta Camat Bathin VIII untuk betul – betul memperhatikan apa yang sudah diusulkan Desa, karena ini dianggap sangat penting demi kemajuan Kecamatan Bathin VIII khususnya.

Sedangkan Camat Bathin VIII Akhyar Mubarok,S.Ag.M.A.P menjelaskan, jika usulan yang disepakati dalam Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan dari 14 Desa/Kelurahan yang ada dalam wilayah Kecamatan Bathin VIII tahun 2022 ada sebanyak 136 usulan yang dianggap prioritas.

” Ada sebanyak 136 usulan dari 14 Desa/Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Bathin VIII, yang mana ini merupakan hasil dari Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan,” jelas Camat.

Camat Bathin VIII juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun, dalam hal ini Bupati H. Cek Endra dan Wabup H.Hilallatil Badri atas dibangunnya jalan Simpang Batu Penyabung – Tanjung Gagak.

” Alhamdulillah saat ini masyarakat sudah dapat menikmati jalan tersebut. Ini tak lepas dari tim dan seluruh Kades,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Camat Bathin VIII Akhyar Mubarok menyebutkan jika saat ini Kecamatan Bathin VIII belum mempunyai Masjid Agung, yang mana menurutnya di Kecamatan lain sudah memiliki. Untuk itu dirinya meminta pihak Pemkab Sarolangun untuk dapat memprioritaskan hal itu.

” Saat ini Kecamatan Bathin VIII belum punya Masjid Agung. Untuk lokasi lahan sudah ada dan siap, untuk itu kami berharap semoga Pemkab Sarolangun dapat melihat ini , sehingga di Kecamatan Bathin VIII mempunyai Masjid Agung,” tandasnya.

Adapun tema Musrenbang Tingkat Kecamatan Bathin VIII tahun 2022 ini, ” Perencanaan Yang Berkualitas,Transparan dan Akuntabel Serta Terintegrasi Menuju Sarolangun Lebih Sejahtera “.

(SRF)