UNJA Kampus Sarolangun Gandeng Ombudsman Gelar Sosialisasi Pelayanan Publik

64

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-UNJA Kampus Sarolangun menggandeng Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Provinsi Jambi sosialisasi tentang pelayanan publik, rabu (13/12/2017) di Aula B2.

Dalam kegiatan tersebut di buka langsung ketua pengurus UNJA Kampus Sarolangun, Drs. H. Navarin Karim, M.Si, kemudian juga dihadiri langsung oleh anggota Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Provinsi Jambi Taupik Yasak, SH, MH beserta rombongan, Dekan Fisipol Dr. Hartati, SH, MH, wakil Dekan 1 Fisipol Haryadi, SH, MH, wakil Dekan 3 Zarkasih, SH, MH,, Sekretaris pengurus UNJA Kampus Sarolangun Muhammad Amin, SH, MH. Dengan jumlah peserta 70 orang, 20 panitia, dengan rincian biaya Rp. 1.760.000. Dalam kesempatan tersebut penyerahan cindramata dari ketua penyelenggara UNJA Sarolangun Drs. Navarin Karim, M.Si kepada Ombudsman Perwakilan Provinsi Jambi Taupik Yasak,SH.MH.

Menurut H.M Taupik Yasak, SH, MH, dasar dari Ombudsman UU No. 37 Tahun 2008 tentang Omdudsman merupakan lembaga negara yang bersifat mandiri dan tidak memiliki hubungan organik dengan lembaga negara dan instansi pemerintahan lainnya, serta dalam menjalankan tugas dan wewenangnya bebas dari campur tangan kekuasaan lainnya.

Ombudsman berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum Milik Negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik.

Ombudsman dalam menjalankan tugas dan wewenangnya berasaskan (pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia) :

Kepatutan
Keadilan
Non-diskriminasi
Tidak memihak
Akuntabilitas
Keseimbangan
Keterbukaan dan
kerahasiaan

Apabila pelayanan publik sesuai dengan regulasi yang ada sehingga al hasilnya masyarakat memperoleh kepuasan bathin terhadap pelayanan publik, dan apabila ada yang mengetahui pelayanan publik yang tidak sesui aturan maka utama lapor pada instansi yang terkait, dan ternyata tidak di indahkan maka jangan segan2 melaporkan temuan tersebut kepada Ombudsman Telepon: +62 21 52960894/95 Fax: +62 21-52960904/05
E-mail: pengaduan@ombudsman.go.id, katanya.

(Sopyan Abusro)