Tonton “Polres Merangin Tetapkan Oknum Kades Keroya Tersangka DD 2019” di YouTube

462

MERANGIN-Penyidik Polres Merangin menetapkan IML (47), oknum Kepala Desa Keroya, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan Dana Desa (DD). Jumlah kerugian negara sekitar Rp 80 Juta. Penetapan tersangka itu diketahui dalam jumpa Pers Kapolres Merangin, Senin, (23/11/2020).

IML (47) oknum kades diduga menyelewengkan Dana Desa tahun anggaran 2019. Dalam pengelolaan DD Keroya, dirinya tidak bekerjasama dengan perangkat Desa lainnya.

“Dalam pelaksanaan realisasi anggaran, Kepala Desa dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum. Dengan cara melakukan pengelolaan keuangan Desa tanpa melibatkan perangkat Desa yang lain” sebut Kapolres.

“Akibat dari perbuatan Kepala Desa tersebut, ditemukan kegiatan-kegiatan yang tidak terlaksana dengan baik sehingga mengakibatkan kerugian keuangan Negara” jelas Kapolres membacakan laporan.

Untuk diketahui, jumlah kerugian Negara yang ditimbulkan akibat kejadian ini sebesar 393.913.451 dan tersangka telah mengembalikan kerugian Negara sebesar Rp.80.000.000 yang saat ini sudah dilakukan pengiriman berkas perkara ke JPU untuk diteliti (tahap 1). Salah satu media menayakan portal buana rolex tersangka sudah mengembalikan. Kapolres membenar kan namun perkara tetap lanjutkan uang yang dia kembalikan harus melalui rekening yang tertentu bukan kepenyidik.

(Yah)