Tes Panwascam, Tidak Ada Istilah Lulus Titipan

63

Terpantau Kesibukan Panitia tes Panwascam menyiapkan ruangan dan segala kebutuhan tes.

SAROLANGUN – Tahapan penerimaan Anggota Panwas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Sarolangun dalam rangka Pilkada Serentak tahun 2020, sudah sampai pada pelaksanaan tes bagi 175 orang Pelamar dari 10 Kecamatan se Kabupaten Sarolangun.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sarolangun akan melaksanakan tes Panwascam dimulai hari Jum’at tanggal 13 hingga Minggu 15 Desember 2019 di Sekretariat Bawaslu Sarolangun.

Dari keterangan yang diperoleh di Sekretariat Bawaslu Sarolangun, tes dilakukan dengan tes Socratif (CAT) dan tes Wawancara, dengan jumlah peserta 175 orang sesuai dengan Pengumuman Bawaslu Sarolangun Nomor : 03/POKJA Pws-Kec/Pengumuman/2019.

Tes Socratif hari pertama, Jum’at tanggal 13 Desember 2019 dibagi 5 sesi, 20 orang setiap sesi dengan 100 orang peserta, dimulai pukul 08.00 hingga 20.30 WIB, hari kedua Sabtu tanggal 14 Desember 2019 dibagi 4 sesi, berjumlah 75 orang peserta dan dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Kordiv SDMO Bawaslu Sarolangun Johan Iswadi, SP (Johan) menerangkan, pelaksanaan tes dilakukan dalam kurun waktu 13 sampai 17 Desember 2019, bagi yang sudah mengikuti tes Socratif dilangsungkan dengan tes wawancara.

“Bagi Peserta yang sudah mengikuti tes Socratif dilangsungkan dengan wawancara , Peserta harus hadir 30 menit menjelang tes, jangan sampai terlambat, karena akan rugi sendiri, kalau terlambat tidak ada perpanjangan waktu,” terang Johan.

Johan menyebut, selain harus hadir tepat waktu, Peserta akan diawasi secara ketat saat mengikuti tes.

“Kita Akan mengawasi tes secara ketat, jangan ada penggunaan “Joki” (orang lain.red), sebelum tes kita akan melakukan pencocokan identitas (KTP) dan wajib memakai ID Card yang Sudah dibagikan Panitia, kalau kedapatan memakai Joki, Peserta langsung kita Diskualifikasi,” urai Johan secara panjang-lebar bermaksud mengingatkan Peserta tes.

Berbagai aturan dalam mengikuti tes akan diingatkan kembali pada saat tes akan dilangsungkan, termasuk larangan memakai alat komunikasi,
“Tidak boleh membawa alat komunikasi, selain alat tulis (Pena),” imbuh Johan.

Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono, SE berharap agar Peserta tes mempersiapkan diri, menurutnya tes CAT/Socratif ini sangat menentukan lulus atau tidaknya menjadi Anggota Panwascam.

“Diharapkan kepada seluruh peserta tes mempersiapkan diri karena tes CAT/Socratif ini yang menentukan lulus atau tidak nya menjadi Anggota Panwascam,” ucap Edi Martono.

Edi Martono mengingatkan, Bawaslu melakukan tes Panwascam secara Profesional dan Independen, dan tidak ada istilah lulus titipan.

“Dalam rekrutmen Panwascam Ini, Bawaslu melakukannya secara Profesional dan Independen, yang menjadi penentu terpilih atau tidaknya, Peserta itu sendiri, tidak ditentukan titipan atau bawaan dari pihak mana pun,” Pungkas Edi Martono. Kamis (12/12/2019).

(Abah Agus)