Sukses Peternak Sapi Bali Hasil Program P2DK. Kades Bukit Suban Harap Bupati Meninjau

42

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-
Keberhasilan kepala desa Bukit Suban Mujito melalui warganya dalam berinovasi khusus peternakan sapi Bali sangat menakjubkan. Sebagai yang diamanahkan rakyat padanya sehingga jabatan tersebut dikerjakan dengan hati dapat membantu masyarakat meningkatkan nilai ekonomi, kata kepala desa Bukit Suban. Kecamatam Air Hitam. Kabupaten Sarolangun (Kades) Mujito, Jumat (02/02/2018)

Menurut kades  Mujito yang sudah lama menjadi kades  ia mulai tertarik dengan bidang peternakan, khususnya sapi sejak dia belum menjadi kades   ”Saya bersama anggota kelompok tani di desa Bukit Suban  menekuni dunia ternak  sapi di sini dengan ikhlas dan hasilnya ternyata dapat disyukuri untuk nafkah semua kelompok atau  keluarga, “ katanya Mujito.

Mujito, melihat potensi di desa yang ada dia melihat para kelompok berkerja sama membuat usaha  sapi Bali dan sekarang sudah bayak hasil dari kelompok sapi mencapai 50 (lima puluh) ekor sapi, katanya. Dan sekarang semua makanan sapi kami bikin kebun di samping tempat kandang sapi itu sendiri, dan semua warga dibagi tugas untuk berjaga malam sekarang sudah berjalan.

Ini berkat usaha bantuan pemerintah kabupaten sarolangun melalui program unggulan yang dikenal Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK) Bupati CE dan Wakil Bupati Hilal, dan kami harap kepada pemerintah untuk melihat ternak kami yang ada di Bukit Suban. Kecamatan Air Hitam. Kabupaten Sarolangun, harapnya.

Menyinggung jenis sapi yang dipilih yaitu sapi Bali dikarenakan peternak hasil ternak sapi Bali memang punya beberapa keistimewaan tersendiri dibanding dengan sapi ternak jenis lainnya. Keistimewaan paling utama adalah proses pertumbuhannya lebih cepat, selain itu badan dan ukuran beratnya yang juga lebih bagus, sehingga jumlah dagingnya pasti lebih banyak.

Selain itu kwalitas sapi Bali, juga dinilai lebih bagus dan lezat untuk dijadikan makanan. Maka tidak mengherankan bila nilai jual dari sapi jenis ini juga jauh lebih tinggi dan mahal. Sehingga keuntungan yang didapatkan oleh peternak atau pedagang tentu akan lebih banyak.

Keunggulan lain memelihara ternak sapi Bali adalah waktu yang dibutuhkan untuk penggemukan atau pertumbuhannya lebih pendek dan singkat. “Yang membuat para peternah lebih nyaman adalah, sapi ini juga lebih tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit, terutama antraks, “ kata Mujito.

Penulis : M. Yunus
Editor    : Sopyan Abusro