Sistim e-Planning Perdana Diterapkan Dalam Musrenbang Kecamatan

53

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sarolangun,  Selasa (20/02/2018) atau Ath-Thalaathaa 4 Jumadil Akhir 1439 Hijriah,  yang bertempat di Aula Kantor Camat Sarolangun perdana menerapkan sistim informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (e-Planning).

Hal itu dikatakan Camat Sarolangun Drs Muhammad Idrus, kepada para awak media. Ia menyebutkan bahwa dengan sistim e-planning akan lebih memudahkan dalam pengecekan dan pengontrolan usulan pembangunan di Desa dan Kelurahan,  karena dengan sistim online yang ada.

Musrenbang Kecamatan dilakukan sebagai tindak lanjut dari musrenbang Desa dan Kelurahan yang dilaksanakan sejak tanggal 25 januari 2018 yang lalu, dan kita lakukan sistim e-Planning yang baru diterapkan oleh Bappeda, dalam perencaaan tadi sudah diakomodir semua apa yang diprioritaskan oleh Desa dan Kelurahan, kata M. Indrus.

Idrus juga menjelaskan dengan sistim e-planning akan memudahkan masyarakat untuk bisa melihat dan memantau hasil musrenbang di kecamatan, semua orang bisa melihat,  aplikasi ini memudahkan kita mengecek,  dan mengontrol,  dan semua orang akan tahu karena sistim online ini, itu memang membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampuni, dan ke depan di desa-desa juga akan kita terapkan sistim e-Planing, jelasnya.

Kemudian Camat menjelaskan, pada Musrenbang kecamatan masih membahas pembangunan infrastruktur Desa dan Kelurahan, ekonomi, pendidikan, serta Pertanian, Perikanan,  dan Peternakan.  Semua usulan akan diusulkan ke Kabupaten nantinya pada Musrenbang kabupaten,  dan akan dipilah mana kewenangan Kabupaten,  dan juga kewenangan Provinsi.

Harus bisa memilah mana kewenangan Desa dan Kelurahan,  masih banyak usulan infrastruktur,  seperti jalan,  pembangunan gedung sekolah,  gedung Madrasah karena tidak bisa dianggarkan di desa.  kemudian dibidang ekonomi juga ada usulkan,  bantuan ternak,  kolam, dan akan  kita usulkan nanti di tingkat kabupaten, jelasnya.

Kemudian ia berharap usulan yang dibahas dalam Musrenbang Kecamatan ini dapat terealisasi pada tahun 2019 mendatang,  sesuai dengan kemampuan daerah, mudah-mudahan apa yang dimusyawarahkan hari ini bisa dianggarkan tahun 2019 mendatang sesuai kemampuan daerah, harapnya.

(M. Yunus)