Silaturahmi di Ponpes Muara Jambi, Cek Endra Perkenalkan P2DK

77

Foto : Cek Endra disambut hangat di Ponpes Alquran As-Salafiyah – Talang Belido, Muaro Jambi

MUARA JAMBI- Sosok Cek Endra yang berpihak pada Pondok Pesantren (Ponpes), semakin nyata berbuat dan mendukung pembangunan dan kemajuan Pondok Pesantren, Bupati Sarolangun ini, bukan saja telah mendukung pembangunan dan memajukan 42 Pondok Pesantren di Kabupaten Sarolangun hingga memberikan insentif kepada Pengurus dan Pengasuh Pondok Pesantren.

Cek Endra seakan dirindukan kedatangannya di Kabupaten lain dalam Wilayah Provinsi Jambi, seperti halnya di beberapa Kabupaten yang baru baru ini disambanginya.

Dikutip dari laman media jambilink.com Cek Endra disambut hangat di Ponpes Alquran As-Salafiyah Dari Ponpes Nahdliyin Nurul Iman, Muaro Sebapo, Cek Endra melipir ke Ponpes Alquran As-Salafiyah, Talang Belido, Muaro Jambi, Cek Endra juga sempat memperkenalkan Program P2DK.

Seharian bergerilya ke Muaro Jambi, Ahad 12 Januari 2019, Cek Endra menyapa kaum sarungan di sejumlah Ponpes. Seusai menghadiri Istighosah dan Pengajian Selapanan di Ponpes Nurul Iman, Bupati Sarolangun itu beringsut ke Desa Kebon Sembilan, Sungai Gelam, Muaro Jambi.

Siang itu, langit berselimut mendung. Mengenakan setelan serba putih, KH Imam Mochtar bergegas menyambut kedatangan Cek Endra, di pintu gerbang Ponpes. Ia buru-buru menggamit tangan Bupati dua periode itu dan langsung memboyongnya ke atas pentas.

Tabuh rebana tetiba menggema, Lantunan sholawat badar pun bersahutan. Santri dan warga yang menyesaki halaman Ponpes itu gegap gempita menyambut Cek Endra.

“Saya bersyukur bisa bersilaturahmi dengan bapak-ibu sekalian. Ini takdir Allah,”sapa Cek Endra, di awal sambutan.

Kepada warga, Cek Endra lantas menyatakan niatnya untuk menjadi Gubernur Jambi periode 2021-2024. Tak banyak basa-basi. Tak banyak umbar janji. Tokoh yang kini akrab dengan inisial CE itu, justru menceritakan kisah suksesnya semasa memimpin Sarolangun.

Selain masalah infrastruktur, Ia misalnya, bercerita ihwal perjuangan membangun ekonomi warga Desa. Lewat Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK), Cek Endra menggelontorkan dana segar untuk modal usaha.

Dana itu, kata dia, dikelola langsung oleh warga. Maklum, sederet Desa di Sarolangun, kini ekonominya perlahan kian membaik. Selain memanfaatkan bantuan itu untuk modal ternak sapi, banyak pula yang membuka kolam untuk ternak ikan. Pendapatannya, Alhamdulillah… jauh lebih cukup. Asap dapur pun mengebul.

Kalau lah ditakdirkan menjadi Gubernur, CE emoh umbar janji, yang terkadang tak bisa dipenuhi, Ia ogah melukai hati rakyat. Menjadi Gubernur, satu saja cita-citanya : Menduplikasi program bantuan modal usaha itu ke daerah-daerah lain.

“Saya sudah memulai di Sarolangun. Kalau nanti diizinkan menjadi Gubernur, warga Talang Belido Insha Allah bisa mendapat manfaat dari program P2DK itu. APBD Provinsi bisa kok, mengakomodir program begitu,”ujarnya.

Khusus di Talang Belido, lagi-lagi CE memberi contoh, mayoritas warga berdagang batu bata. Semestinya, potensi itu bisa dikembangkan menjadi lebih besar lagi. Sehingga ekonomi warga menjadi lebih baik lagi.

Tapi, modalnya dari mana?

Jangankan untuk tambahan modal, untuk makan sehari-hari saja ngos-ngosan?

Sembari berseloroh, CE bilang…

“Kalau mau dapat bantuan modal usaha seperti warga Sarolangun, ayo kita ikhtiar memilih Cek Endra menjadi Gubernur,”ujar CE disambut gemuruh tepuk tangan.

KH Imam Muchtar dan sejumlah Kepala Desa yang hadir tetiba tergelak. Warga pun mendadak menyambut seruan itu.

“CE Gubernur..Allahuakbar,,,”pekik warga.

KH Rais Amin pun menimpali. Dengan berapi-api, kiyai berbadan bongsor itu ikut berseloroh. “Ponpes di Sarolangun tiap tahun dapat bantuan dana. Dapat juga hibah tanah 5 hektar. gratis tis tisssss….”ujarnya.

“Makanya, kiyai di Sarolangun lemu-lemu (gemuk),” imbuh KH Rais Amin dalam logat jawa.

Cek Endra, Direktur CE Center Adri dan sederet Kades mendadak tertawa lebar. Tepuk tangan pun lagi-lagi bergemuruh. Satu harapan Kyai Rais Amin: apa yang mereka rasakan di Sarolangun bisa turut dirasakan pula ponpes di daerah lain.

“Syaratnya satu. Jadikan Cek Endra Gubernur Jambi,”katanya disambut gemuruh takbir.

Menutup sambutannya, Kyai Rais Amin menyebut Cek Endra sosok pemimpin yang kebijakannya berpihak pada dunia agama. CE, kata Kyai, meletakkan urusan akhirat seimbang dengan urusan duniawi.

“Dukung beliau, karena dialah yang kebijakannya berpihak pada Ponpes,”katanya.

Persamuhan ditutup dengan makan bersama dengan menu gulai tempoyak dan pindang ikan. (*)

(Abah Agus)