Selesai Dilantik, 30 Anggota Panwascam Ikuti Bimtek Pengawasan

48

Foto: Suasana pelantikan Panwascam se Kabupaten Sarolangun di Aula BAPPEDA Sarolangun

SAROLANGUN- Ketua Bawaslu Kabupaten Sarolangun Edi Martono, SE melantik 30 (tiga puluh) anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) sepuluh Kecamatan se Kabupaten Sarolangun, Senin kemarin (23/12/2019) di Aula Bappeda Sarolangun.

Hadir dalam acara Pelantikan Asisten I Setda Sarolangun Arief Anpera.ME, mewakili Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari. SE, Afrizal. MH Pimpinan Bawaslu Jambi, Mudrika, SH. MH, Johan Iswadi.SP, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Sarolangun, anggota Forkompimda, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Edi Martono dalam pidatonya mengatakan pelantikan anggota Panwascam sesuai regulasi menurut Undang undang.

“Pelantikan Panwascam
sesuai regulasi Undang undang, panitia “adhoc” dibentuk satu bulan sebelun tahapan dan dibubarkan dua bulan setelah tahapan Pemilihan selesai,” ucap Edi Martono, bermaksud bahwa Bawaslu Sarolangun telah melakukan regulasi.

“Panwascam menjadi motor, penyambung tangan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan,” lanjut Edi Martono.

Disebutkannya, pengawasan semua tahapan dalam Pilkada serentak tahun 2020 di tingkat kecamatan adalah tanggung jawab Panwascam.
“Panwascam harus mampu mengawasi semua tahapan dalam rangka Pilgub Jambi tahun 2020, kita harus mampu menahan godaan terkait Independensi penyelenggara,” urai Edi Martono.

Sebagai penyelenggara, Panwascam diharapkan dapat menjaga integritas, menjaga prilaku pengawas, kemandirian dan kejujuran. Panwascam juga harus kredibel, agar mengutamakan dan menjaga kepentingan umum sebagai suatu tanggung jawab.

Disamping itu, Panwascam harus berfikir dan mempunyai “main-set” Pengawas, harus menjaga sikap, integritas dan netralitas serta tanggung jawab sebagai lembaga Pengawas Pemilu yang mempunyai kewenangan mengawasai dan kewenangan menindak.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Afrizal, MH dalam arahannya menyebut fungsi pengawasan anggota Panwascam sebagai perpanjangan tangan Bawaslu dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu.

Menurut data yang dihimpun dari sekretariat Bawaslu Kabupaten Sarolangun, ini nama-nama anggota Panwascam yang dilantik :

Kecamatan Sarolangun,
1.Hanni Saputra
2.Gusyuwandi
3.Muhammad Fadhila.

Kecamatan Bathin VIII,
1.Taufik Nazori
2.Syahmul Basyir
3.Reki Febrianto.

Kecamatan Pauh,
1.M. Sholeh
2.Relmi Sandra, S.P
3.Kholid Hasbullah.

Kecamatan Air Hitam,
1.M. Izar
2.Zamhudi
3.Erfin Setiawan.

Kecamatan Mandiangin,
1.Ismail
2.Lasiman, S.Pdi
3.Ahmad Mujaddid.

Kecamatan Pelawan,
1.Antoni. K
2.Hamdi
3.Muhammad Khudri. HS, S.Pd

Kecamatan Singkut,
1.Suwastini
2.Marsini, S.Tr
3.Heri Susilo.

Kecamatan Limun,

1.Muhammad Pajri.S.ST

2.Muhammad Kadapi
3.Noprizal Ependi.

Kecamatan Cermin Nan Gedang, 1.M.Solihin
2.Reni Lestari, Am. Keb
3.Debi Yuliana, S.Pd.

Kecamatan Batang Asai,
1.Syehnal Yamuddin
2.Hazinarni, S.Pdi dan
3.Paisal Amrullah.

Dalam rangkaian pelantikan, dilakukan penanda tanganan Fakta Integritas dan selanjutnya digelar Bimbingan Teknis (Bintek) bagi anggota panwascam.

Bimtek berlangsung selama dua hari di Hotel King Sarolangun, yang difokuskan pada pengawasan Pilkada serentak (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur) Jambi tahun 2020 untuk Periode tahun 2020-2024, dengan pemateri Afrizal. MH Pimpinan Bawaslu Jambi, Mudrika, SH. MH, Johan Iswadi.SP, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Sarolangun,( *)

(Abah Agus)

Barakallahu..