Sat Reskrim Polres Sarolangun Berhasil Ungkap Diduga Dua Pelaku Jambret Dg Kekerasan

134

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-Berkar laporan 2 (dua) orang korban yakni, Winda Sri Rahayu Binti M. Zen (22) tahun warga Desa Panegah Kecamatan Pelawan dan Gusnita Sari (19) tahun warga Desa Lubuk Sepuh Kecamatan Pelawan. Kabupaten Sarolangun. Mengalami kesakitan pada pergelangan tangan, dan Gusnita Sari (19) tahun warga Desa Lubuk Sepuh. Kecamatan Pelawan. Labupaten Sarolangun, mengalami luka2 pada wajah dan patah tulang bagian pundak sebelah kanan.

Dasar laporan Nomor, LP/B11/I/2018/JMB/RES SRL tanggal 16 Januari 2018. Dan LP nomor, LP/B10/I/2018/JMB/RES SRL tanggal 15 Januari 2018.

Sat Reskrim Pores Sarolangun berhasil ungkap kasus TP. Pencurian dengan kekerasan (jambret). Dan meringkus diduga 2 (dua) pelaku JL Alias HL Bin IM, laki-laki (17) tahun, warga Desa RantauTenang. Kec. Pelawan Singkut Kab. Sarolangun, dan RF Alias RI Bin SM, (19) Tahun, Islam, warga Desa Pendopo Kecamatan Pali Kabupaten Pali provinsi Sumatera Selatan.

Adapun 2 (dua) waktu dan Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang berbeda yakni, Senin, 15 Januari 2018 Sekira Pukul 16.20 WIB di Jalan Lintas Sumatra Desa Muara Danau Kec. Pelawan, dan pada hari Selasa, 16 Januari 2018 sekira pukul 15.30 WIB di Jalan Lintas sumatra Depan Kampus UNSAR Kec. Sarolangun.

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, S.IK, M.AP, melalui Kasat Reskrim AKP George Alevander Pakke, S.IK kepada awak media, kamis (18/01/2018) membenarkan pengunggkapan kasus tersebut.

Selanjutnya kronologid kejadian pada 2 (dua) TKP yang berbeda, diantaranya TKP pertama, Pada hari kamis tanggal 15 Januari 2018 sekira pukul .17.00 WIB korban an. GUSNITA SARI, sehabis pulang bekerja di toko Gramedia Sarolangun hendak menuju ke rumahnya yang beralamat di Desa Lubuk Sepuh, Kec. Pelawan, Kab. Sarolangun dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Mio Sporty, tiba-tiba ketika di perjalanan tepatnya di Desa Muara Danau kec. Pelawan Kab. Sarolangun korban di pepet oleh 2 (dua) orang laki-laki yang tidak di kenal dengan menggunakan sepeda motor Honda jenis Sonic warna merah kemudian salah satu pelaku yang duduk di belakang langsung menarik tas sandang milik korban dengan kencang, pada hentakan pertama pelaku tidak berhasil mengambil tas korban, lalu dilanjuti hentakan kedua pelaku berhasil mengambil tas sandang milik korban.

Akibat hentakan tersebut korban terjatuh dari atas motor lalu pelaku tersebut melarikan diri menuju arah Singkut dengan membawa tas sandang milik korban. Akibat peristiwa tersebut korban mengalami luka lecet pada bagian bawah mata sebelah kanan, luka lecet pada bagian bawah hidung, patah tulang pada bagian pundak sebelah kanan dan sekarang ini di rawat di RSUD Sarolangun.

Dan berikutnya pada TKP ke 2 (dua), pada hari selasa sekira pkl 14.40 WIB Pelapor bersama rekannya a.n. Darmizah dari Bank Mandiri Sarolangun hendak pulang ke rumahnya di Desa Penegah Kec. Pelawan dengan mengendarai Motor Yamaha Mio Soul warna hitam. Posisi pelapor dibonceng. Sesampai di jalan Lintas Sumatera depan kampus UNSAR, pelapor dan rekannya dipepet oleh sepeda motor yang digunakan para pelaku, setelah itu salah satu pelaku menarik tas milik pelapor hingga tas pelapor putus. Kemudian para pelaku melarikan diri ke arah singkut. Akibat kejadian tersebut, tangan pelapor kesakitan dan mengalami kerugian 1 tas warna emas berisi HP dan kartu penting lainnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan TKP 1 dan TKP 2 diperoleh hasil bahwa 2 peristiwa Jambret dengan modus yg sama dan diperkuat oleh keterangan para saksi hingga mengerucut kepada ciri2 para pelaku yg dicurigai. Kemudian pada hari Selasa tanggal 16 Januari 2018 diperoleh info keberadaan diduga para pelaku yaitu pelaku a.n. JL diamankan dirumahnya di Desa. Rantau Tenang dan kemudian pelaku RF di Kost nya di Kel. Aurgading.

Setelah diinterogasi para pelaku kemudian mengakui perbuatannya di 3 (tiga) tempat berbeda, yakni Pada hari Senin tanggal 15 Januari 2018 melakukan Jambret di Jl. Lintas Sumatera Desa Muara Danau. Kemudian Pada hari Selasa tanggal 16 Januari 2018 melakukan Jambret di Jl. Lintas Sumatera Depan Kampus UNSAR Kec. Sarolangun. Di tempat ke 3 (tiga) pada Bulan lalu juga melakukan Jambret di Simpang Tripa Singkut 7 Kec. Singkut.

Para pelaku kemudian diamankan di Polres Sarolangun beserta barang bukti untuk proses hukum selanjutnya.

Adapun barang bukti yang diamanakan diantaranya,1 (satu) Unit sepeda Motor merk Honda Sonic Warna Hitam tanpa Nopol yang di gunakan pelaku di 2 TKP. Baju kaos lengan panjang warna abu2 putih, celana panjang jeans pakaian yg di pakai, Helm merk MIX warna putih, 1 unit HP Handphone Android Merk Samsung warna Gold, Dompet Tas warna Gold , 1 kartu Alfamart, 1 atm. Alat Kosmetik.

(Sopyan Abusro)