Sapi P2DK Pelawan Jaya Siap Layani Kebutuhan Qurban

105

Foto : Sapi P2DK siap jual_ Bumdes Jaya Bersama_Desa Pelawan Jaya

SAROLANGUN – Usaha penggemukan sapi BUMDes Jaya Bersama-Desa Pelawan Jaya tahun 2020 ini dapat diprediksi akan mengantongi pendapatan dan laba dari penjualan sapi yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Sarolangun Program unggulan Bupati Sarolangun H. Cek Endra dan Wakil Bupati H. Hilallatil Badri 200 Juta satu Desa dan Kelurahan dana Program Percepatan Pembangunan Desa Kelurahan (P2DK) dan Dana Desa (DD).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, BUMDes Jaya Bersama Desa Pelawan Jaya, dalam usaha penggemukan sapi sebanyak 18 ekor, yang mana 12 ekor sapi bantuan program P2DK dan 6 ekor sapi dari DD tahun 2019, atau dengan kata lain bantuan program P2DK lebih dominan.

“Dari jumlah sapi yang kita pelihara, semua sudah bisa dijual, semua sehat dan gemuk, saat ini 12 ekor siap jual dan kalau untuk kebutuhan sapi Qurban tahun ini, sudah bisa semua,” kata Agon, Sabtu (18/1/2020) kemarin.

Agon menambahkan, dengan kondisi sapi yang sesuai standar kebutuhan Qurban dan kebutuhan masyarakat secara umum, harga sapi pun berbeda, tergantung pada bentuk, ukuran dan beratnya.

“Harganya berbeda, sesuai dengan bentuk, ukuran dan beratnya, saat ini yang terendah Rp 11,5 Juta,” tambah Agon, begitu yakin.

“Namun kalau saat Hari Raya Qurban, bisa saja menjadi 17 hingga 18 Juta per ekor,” ujarnya.

Lanjut Agon, melihat perkembangan usaha penggemukan sapi ini, Pihak BUMDes Jaya Bersama yakin bahwasanya usaha ini bisa maju dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat yang ikut mengelola dana P2DK. (*)

(Abah Agus)