Sapi P2DK Bukit Talang Mas Mulai Berkembang Biak

72

Foto : Sapi P2DK Darsono, dusun 3 Desa Bukit Talang Mas Kecamatan Singkut

SAROLANGUN – Sapi Program Percepatan pembangunan Desa Kelurahan (P2DK) Desa Bukit Talang Mas Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi-Indonesia sudah beranak (berkembang biak), dari 16 ekor yang dikelola warga atas dana P2DK tahun 2018 Program unggulan ekonomi karakyatan Bupati Sarolangun H. Cek Endra dengan Wakil Bupati H. Hilallatil Badri, sudah beranak 3 ekor, sisanya sudah bunting.

“Yang sudah baranak adalah sapi yang dipelihara dan dikelola Darsono di dusun 3 dan Kusnen di dusun 4, serta yang dipelihara Sarijo di dusun 4, yang lainnya sudah bunting,” kata Marlian, Pj Kades Bukit Talang Mas, kepada media ini di lokasi pemeliharaan Sapi Darsono. Minggu (10/11/2019).

Program P2DK yang merupakan Program Primadona Bupati Sarolangun, dari tahun ke tahun sudah terbukti membantu ekonomi masyarakat desa dan kelurahan. Bukan saja bermanfaat secara ekonomi, tapi juga tak kalah pentingnya dapat mencerdaskan masyarakat Desa dan Kelurahan dalam menata dan merencanakan perekonomian.

Lanjut Marlian, karena sesuai petunjuk (Juknis), Sapi sudah ada yang beranak dan bunting besar ( 8 bulan), perkawinan sapi dilakukan dengan cara inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan.

“Pengembang biakannya dengan inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik atas kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan, nanti setelah anaknya lepas menyusui, induknya bergulir ke warga lain yang membutuhkan, ” tambah Marlian.

Rohana, istri Darsono saat ditemui media ini di rumahnya dusun 3 Desa Bukit Talang Mas, mengungkapkan rasa senangnya karena mendapat bantuan sapi P2DK yang sudah menghasilkan.

“Kami sangat senang sekali dibantu seperti ini, kemarin ada yang mau membeli anak sapi jantan kami yang baru lahir seharga Rp 6 juta, tidak kami jual, sapi itu akan kami besarkan agar harganya lebih mahal, terima kasih Pak Bupati Cek Endra,” ucap Rohana senang bercampur haru.

“Kalau beli bibit sapi, uang kami dari mana, Alhamdulillah ada bantuan Bupati Cek Endra, ini sangat berharga bagi kami yang kurang nampu, ” lanjut Rohana.

Terkait hal ini, Izhar Pendamping P2DK Kabupaten Sarolangun meminta masyarakat yang mendapat bantuan P2DK agar dapat menjaga dan mengelola bantuan dengan baik hingga dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

“Kita harap masyarakat dapat menjaga program Bupati Cek Endra ini dengan baik hingga tercapainya tujuan Bupati dalam mensejahterakan masyarakat
Kabupaten Sarolangun,” ucap Izhar.

Dalam hal ini Ajra, Kabid UEM DPMD Sarolangun mengatakan, sesuai tujuan Bupati, Program P2DK yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama dalam pengembangan sektor pertanian, perternakan, perikanan dan industri kecil dan menengah, diharapkan keberhasilan ini bisa diikuti oleh Desa-Desa yang lainnya di Kabupaten Sarolangun.

“Alhamdulillah, semoga bisa diikuti oleh Desa-Desa yang lain, sesuai dengan tujuan Bupati Cek Endra, diharapkan pendapatan masyarakat dapat meningkat, perekonomian Desa dapat berkembang serta dapat mengurangi tingkat kemiskinan di daerah,” ucap Kabid. (*)

Reporter : Abah Agus