PT Agrindo Serahkan Dana Plasma Kepada Tiga Desa

119

Foto: Penyerahan dana Plasma kebun sawit kepada Pengurus BUMDes Lubuk Sepuh, Muara Danau dan Rantau Tenang, atas kemitraan dengan PT APTP (Agrindo)

SAROLANGUN- Manajemen PT APTP (Agrindo) menyerahkan Dana Plasma kepada tiga Desa di Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.
Tiga Desa tersebut adalah Desa Rantau tenang , Desa Muara Danau dan Desa Lubuk Sepuh, Jum’at sore (14/2/2020) di Aula kantor Kepala Desa Lubuk Sepuh.

Dari informasi yang dihimpun, tiga Desa tersebut memiliki lahan Plasma kebun sawit yang diperuntukkan Perusahaan seluas 270 Hektar atau 90 Hektar untuk masing – masing Desa. ini merupakan kali pertamanya manajemen PT Agrindo menyerahkan hasil Plasma kepada tiga Desa ini, yakni hasil produksi kebun sawit bulan Desember 2019 dengan jumlah Rp 103.157.000,- (Seratus tiga juta seratus lima puluh tujuh ribu Rupiah), untuk tiga Desa.

Dana Plasma tersebut diserahkan langsung oleh Pihak Manajemen PT Agrindo, Mashadi Cakranegara kepada Pengurus BUMDes tiga Desa tersebut.

Dalam acara penyerahan dana ini Mashadi Cakranegara berharap kepada warga dan tokoh masyarakat tiga Desa ini sama-sama mendukung operasional perusahaan.
“Karena PT Agrindo sudah bermitra dengan masyarakat tiga Desa, kami harap bisa sama-sama mendukung dan mengawasi kegiatan perusahaan,” ucap Mashadi.

“Kedepannya dana Plasma akan kita transfer ke rekening Bumdes, karena kalau diserahkan secara cash sangat beresiko,” tambah Mashadi.

Hal yang sama juga disebut Gudson, Manager PT APTP, “Kami harap Warga tiga Desa dapat membantu perusahaan dari gangguan pihak eksternal,” pinta Gudson.

Penyerahan dana Plasma dihadiri dan disaksikan kepala Desa (Kades) Lubuk Sepuh Sargawi, Kades Muara Danau Ibrahim, AW, Kades Rantau Tenang, Arpan, Tokoh masyarakat dan Bhabin kamtibmas P Sugianto.

Dalam sambutannya, Kades Muara Danau Ibrahim, AW meminta kepada warga agar ke depannya bisa menjalin hubungan baik dengan pihak perusahaan, “kedepannya kita harapkan bisa bekerjasama dan terjalin hubungan baik dengan PT Agrindo dalam usaha tani dan penjualan sawit,” harap Ibrahim.

“PT Agrindo adalah bagian dari Desa kita, uang Plasma nantinya akan digunakan untuk masyarakat,” tambah Ibrahim.

Kades Lubuk Sepuh, Syargawi saat diwawancarai media ini mengatakan, perolehan dana Plasma ini diperoleh dengan semangat memperjuangkan hak masyarakat, dan penggunaan dana akan diserahkan kepada BUMDes.

“Kita memperjuangkan hak masyarakat, Kades tidak akan campur tangan, semua pengelolaan dan pemanfaatan dana kami serahkan kepada BUMDes, yang penting laporannya ada dan dapat dipertanggung jawabkan,” ucap Kades Sargawi. (*)

(Abah Agus)