Program P2DK Cek Endra Diakui Sangat Membantu Masyarakat

172

Foto salah satu Sapi P2DK yang dipelihara di Desa Pematang Kolim Kecamatan Pelawan

SAROLANGUN – Program Percepatan Pembangunan Desa Kelurahan (P2DK) Bupati Cek Endra semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Desa dan Kelurahan Kabupaten Sarolangun.

Program primadona Bupati ini dirasakan oleh penerima manfaat langsung, yang terbukti membantu masyarakat, pada awalnya program ini dalam bentuk pembangunan fisik, dewasa ini digelontorkan dalam bentuk pembangunan ekonomi kerakyatan bertujuan mensejahterakan masyarakat Desa dan Kelurahan.

Kepala Desa Pematang Kolim Kecamatan Pelawan, Usep Surya Mulyana, atau biasa dipanggil Usep (Uus) yang masyarakatnya sebagai Penerima manfaat langsung diantara 149 Desa dalam program ini, menurutnya Program P2DK Cek Endra Sangat membantu Masyarakat dalam meningkatkan ekonomi.

Dari penelusuran media ini, tahun 2019 P2DK Desa Pematang Kolim difokuskan pada usaha Penggemukan Sapi, dikelola oleh masyarakat di setiap Dusun dan sangat disambut baik masyarakat Desa karena secara ekononi dinilai sangat menguntungkan.

Sesuai PerDes (Peraturan Desa) Pematang Kolim, penghasilan pengelolaan usaha ini 70 persen untuk Pemelihara Sapi, 25 persen untuk Kas Dusun dan 5 persen digunakan kembali untuk biaya operasional pengadaan sapi.

“Program P2DK sangat membantu masyarakat, Kami berharap program ini berkesinambungan, ” ucap Usep, Sabtu (16/11/2019) mengakui.

Lanjut Usep, dengan keuntungan 25 persen atas penjualan sapi yang dialokasikan kepada Kas Dusun, dapat menambah banyaknya masyarakat memelihara sapi, dan bila dapat dilakukan secara berkesinambungan, akan dapat mensejahterakan masyarakat.

“Bila dilakukan berkesinambungan, di setiap Dusun akan lebih banyak lagi usaha penggemukan sapi, tentu saja akan dapat mensejahterakan masyarakat,” terang Usep.

Usep menambahkan, dalam memilih masyarakat Pemelihara sapi dilakukan dengan cara diundi, 13 ekor sapi yang dipelihara tahun ini adalah Sujarmanto Dusun 1, Wasidi Riyanto dan Wahyudin Dusun 2, Uus Dusun 3, Komari Dusun 3, Sulis Dusun 4, Pak simin Dusun 4, Kamijo dan Yani Dusun 5, Sutopo dan Munawar dusun 6, Dusun 7 Katiman dan Edi Irawan.

Terkait usaha penggemukan Sapi ini, Kadis PMD Mulyadi menanggapi, dalam memanfaatkan dana P2DK, pihaknya menyeerahkan kepada inovasi masing-masing Desa, dengan tujuan agar dana yang dikucurkan bermafaat bagi masyarakat penerima manfaat.

“Dalam memanfaatkan program ini kita serahkan kepada inovasi masing-masing Desa, sehingga dana yg dikucurkan bermafaat bagi masyarakat penerima manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung,” terang Kadis Mulyadi, Minggu (17/11/2019) kepada media ini.

Saat dikonfirmasi secara terpisah, Hudri Camat Pelawan pun mengakui manfaat besar program P2DK Bupati Cek Endra, menurutnya masyarakat sudah menerima manfaat langsung, mulai dari pembangunan fisik jalan ke tempat usaha masyarakat hingga usaha dalam pemberdayaan ekonomi.

“Program P2DK sudah jelas dan besar manfaatnya, dari Pembangunan fisik di pedesaan hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” ucap Camat Hudri yang melihat langsung usaha Penggemukan sapi Desa Pematang Kolim. (*)

Reporter : Abah Agus