Program P2DK Cek Endra Ciptakan SDM Berjiwa “Entrepreneur”

120

Foto: Panen Jagung program P2DK Kelurahan Gunung Kembang Kecamatan Sarolangun

SAROLANGUN – Program Percepatan Pembangunan Desa Kelurahan (P2DK) Bupati Kabupaten Sarolangun Drs H Cek Endra bukan hanya sebuah produk yang membangun secara fisik, lebih dari itu, Program P2DK cenderung menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat berjiwa “Entrepreneur” (Wira usaha.red) yang lebih bernilai dari pada pembangunan di bidang fisik semata.

Foto : Kebun Cabe Program P2Dk Kelurahan Gunung Kembang Kecamatan Sarolangun

Program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini, yang telah berlangsung lama digelontorkan secara merata dengan jumlah Rp 200 Juta di setiap Desa dan Kelurahan bagi158 Desa dan Kelurahan se Kabupaten Sarolangun, sudah dirasakan langsung bagi masyarakat.

Seperti usaha peternakan dan penggemukan sapi dan kerbau, peternakan ikan, pemanfaatan Tanah Kas Desa (TKD) dengan penanaman kelapa sawit, usaha konfeksi ibu rumah tangga dan usaha ekonomi kerakyatan lainnya yang diapresiasi dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Terkait dana P2DK tahun 2019, Kelurahan Gunung Kembang Kecamatan Sarolangun memanfaatkannya dengan usaha agri bisnis, yakni berkebun Cabe dan Jagung di atas lahan seluas 1 (satu) Hektar yang berlokasi di RT 06 Kelurahan Gunung Kembang Sarolangun, dengan memakai teknologi pertanian yang baik.

“Alhamdulillah panen cabe dan jagung program P2DK di Kelurahan Gunung Kembang sangat memuaskan,” ucap Dedi Kurniawan Lurah Gunung Kembang, Selasa (31/12/2019) saat dibincangi netizenews.co.id.

“Panen jagung sekitar 1,5 ton dan cabe merah 2 ton, dipanen hari minggu 28 Desember kemarin,” lanjut Lurah Dedi Kurniawan.

Dedi Kurniawan menyebut dana P2DK adalah bantuan langsung Pemerintah Kabupaten Sarolangun yang dinikmati oleh masyarakat kabupaten Sarolangun, dapat membuat ekonomi masyarakat menjadi bergairah.

“Tujuannya untuk peningkatan ekonomi masyarakat, ini langkah yang membuat ekonomi masyarakat kelurahan menjadi bergairah,” terang Dedi Kurniawan.

Disamping dapat menggairahkan ekonomi masyarakat, menurut Dedi Program P2DK dapat menciptakan entrepreneurship masyarakat untuk lebih produktif dalam peningkatan ekonomi, karena program ini dapat menempa jiwa kewirausahaan masyarakat.

Mengingat Program P2DK sangat membantu masyarakat, Lurah Dedi Kurniawan berharap program ini terus digelontorkan dan juga meminta jumlahnya lebih ditingkatkan, “Karena sangat membantu masyarakat, kita harapkan program P2DK terus digelontorkan dan jumlahnya ditambah,” harap Dedi Kurniawan.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas (Kadis) PMD Kabupaten Sarolangun, Mulyadi menyambut baik upaya pemanfaatan dana P2DK ini, Ia menyebut pemanfaatan dana Program P2DK diserahkan pada kearifan lokal seduai inovasi masing-masing Desa dan Kelurahan.

“Kita menyambut baik dan mengapresiasi pemanfaatan dana Program P2DK Kelurahan Gunung Kembang yang dikelola dengan baik,” Kata.Kadis Mulyadi, Selasa malam (31/12/2019).

Kadis juga menyebut masyarakat Kelurahan Gunung Kembang mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Bupati Sarolangun, melalui komunikasi seluler di akun Whats App pribadinya,

“Atas nama masyarakat kelurahan Gunung Kembang mengucapkan terima kasih kepada Bupati Cek Endra dan jajarannya atas bantuan dana P2DK,” tutur Kadis Mulyadi menyampaikan apresiasi masyarakat terhadap program P2DK Bupati Cek Endra. (*)

(Abah Agus)