Polsek Tebo Tengah Gandeng Pokdar Kamtibmas Ajak Warga Vaksinasi

79

T E B O-Banyak upaya pemerintah Kecamatan maupun Desa dalam mengajak masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi, mulai dari doorprize dan lainnya, berbeda dengan yang dilakukan Polsek Tebo Tengah berkolaborasi dengan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resor Tebo.

Polsek Tebo Tengah Iptu Dedi Tanto Manurung berserta anggota Babinkamtibmas Aipda Afrizal Sandra, berkolaborasi dengan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Reser Tebo bersama anggota dalam, mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan di Desa Mangun Jayo Dusun Penampuian RT 09 Seberang Simpang IV pada Jumat (29/10/2021) sekira pukul 08.30 Wib.

Dalam giat hadir langsung Iptu Dedi Tanto Manurung, SH Kapolsek Tebo Tengah, dr. Leni Marlina Kepala Puskesmas Tebo Tengah, Edi Hartono Ketua Pokdar Kamtibmas Resor Kabupaten Tebo, Aipda Afirzal Sandra Babinkamtibmas Desa Mangun Jayo, Sertu Arbain Babinsa Desa Mangun Jayo, Ihsan Kepala Desa Mangun Jayo serta tokoh masyarakat lainnya.

Dalam kegiatan tersebut masyarakat sangat antuasias untuk di vaksin, terlihat dari antusias masyarakat dari pagi hingga sore hari, terlihat dari raut wajah masyarakat, tidak satupun dari masyarakat terlihat takut ataupun was-was saat divaksin, hal ini dikarenakan telah dilakukannya sosialisasi dan telah di informasikan kepada masyarakat terkait manfaat dan efek vaksin bagi penereima vaksin.

Disampaikan langsung Iptu Dedi Tanto Manurung, SH Kapolsek Tebo Tengah bahwa petugas sempat kwalahan dalam melayani masyarakat, dikarenakan antusias masyarakat yang ingin di vaksi, walau demikian semua teratasi dengan baik.

“Awalnya kita sempat kwalahan dengan banyaknya warga yang berminat divaksin, tetapi semua bisa dikendalikan dengan baik, tentunya dengan kesigapan petugas Kesehatan, dan bantuan dari Pokdar Kamtibmas Resor Tebo, dengan kesadaran masyarakat tersebut artinya masyarakat sudah mengerti dan memahami apa manfaat dan efek vaksin tersebut” jelas Tanto saat dikonfirmasi di lapangan.

Hal senada yang disampaikan oleh dr. Leni Marlina selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Tebo Tengah saat dikonfirmasi.

“Kita apresiasi masyarakat Mangun Jayo yang sangat antusias ikuti vaksinasi, dan berdasarkan data yang kita miliki juga menunjukkan antusias masyarakat saat ini memiliki kesadaran yang tinggi dalam memutus mata rantai covid-19 ini, terlihat dari antusias masyarakat yang ikut vaksin” jelasnya kepada suaratebo.net

Dengan kesadaran masyarakat yang tinggi dalam mematuhi aturan pemerintah, seperti himbauan protokol Kesehatan sampai vaksinasi, dengan sendirinya akan menekan pertumbuhan angka penyebaran covid-19, selain itu peran serta organisasi pemerintah, ormas dan lainnya sangat dibutuhkan dalam sosialisasi tersebut, seperti halnya organisasi binaan Polri Pokdar Kamtibmas Resor Tebo yang berkolaborasi dengan Polsek Tebo Tengah, turut andil dalam melakukan sosialisasi vaksinasi dan jika diminta organisasi tersebut siap membantu.

“Alhamdulillah hari ini kita berkolaborasi bersama Polsek Tebo Tengah melakukan kegiatan vaksinasi, serta melibatkan Kepala Desa beserta perangkatnya, Pokdar siap berkolaborasi dengan siapapun jika diminta, demi kepentingan bersama” tegas Edi Hartono selaku Ketua Pokdar Kamtibmas Resor Tebo, saat dikonfirmasi dilapangan.

Vaksinasi yang dilakukan tentunya tidak terlepas juga dari campur tangan Ihsan Kepala Desa Mangun Jayo, mengajak masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi, serta mensosialisasikan kepada masyarakat dampak serta manfaat vaksin tersebut.

“Alhamdulillah, warga kita sangat antusias ikuti kegiatan vaksin, dimana kita sebelumnya telah melakukan sosialisasi dampak dan manfaat dari vaksin itu sendiri” tegas Ihsan mengakhiri sesi.

Diketahui jumlah peserta yang hadir dan menerima suntikan vaksin berjumlah 92 orang dari jumlah tersebut tampak minat masyarakat dalam membantu menekan angka penyebaran covid-19.