Polda Jambi Gelar Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kemampuan bagi Penyidik Polri dan PPNS

209

NETIZENEWS.CO.ID/JAMBI – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi, Kamis (12/4/2018) menggelar Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kemampuan bagi Penyidik Polri Dan PPNS Tahun Anggaran 2018, Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakapolda Jambi Kombes Pol Drs Ahmad Haydar SH MM.

Wakapolda Jambi dalam sambutannya mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat dipecahkan permasalahan-permasalahan dalam hubungan kerja antara penyidik polri dengan PPNS instansi dan permasalahan dalam rangka koordinasi pengawasan serta pembina teknis PPNS sehingga menciptakan ide-ide / gagasan yang konstruktif dari para peserta, selanjutnya dapat diformulasikan dalam program guna meningkatkan kinerja PPNS dalam melaksanakan proses penyidikan yang lebih profesional dan proposional.

Reformasi dibidang hukum bertujuan untuk mendapatkan kepastian hukum melalui sistem dan pola penegakan hukum yang baik dan transparan serta tidak memihak. keinginan adanya kepastian hukum tersebut sangat didambakan oleh masyarakat, agar hukum benar-benar dapat ditegakkan seadil-adilnya tanpa melihat perbedaan derajat orang perorang sesuai azas hukum “Equality Before The Law”.

“Namun demikian kita menyadari bahwa dalam supremasi hukum pelaksanaan penegakan hukum masih belum optimal bila dibandingkan dengan tuntutan dan harapan masyarakat. oleh karenanya untuk memenuhi harapan tersebut, maka Polri selaku korwas dan pembina teknis PPNS berusaha meningkatkan kemampuan PPNS dalam penyidikan dalam menangani jenis tindak pidana sesuai lingkup kewenangannya melalui pemberian petunjuk terhadap pelaksanaan penyidikan yang dilakukan PPNS,” ujar Wakapolda Jambi.

Strategi Polri untuk mengedepankan PPNS dalam penegakan hukum tentunya tidak dimaksudkan untuk menghilangkan kewenangan dari instansi lain yang mempunyai kewenangan penyidikan dalam pelanggaran undang-undang tertentu sehingga dalam prakteknya tidak boleh terjadi tarik menarik kewenangan antar masing-masing penegak hukum dalam pelaksanaan penyidikan.

“Hal tersebut penting saya sampaikan disini agar tidak terjadi perbedaan pandangan dalam pelaksanaan penegakan hukum dilapangan, sehingga dapat terlaksananya upaya penegakan hukum yang lebih tertib dan optimal,” Tegas Wakapolda Jambi.

Terakhir Wakapolda Jambi menyampaikan 3 pesan kepada para peserta yang hadir, yang pertama

“Mari kita tingkatkan koordinasi antara PPNS dengan Polri sebagai pengemban Korwas PPNS dalam peningkatan ketrampilan penyidikan tindak pidana yang menjadi wewenangnya, bantuan upaya paksa, bantuan teknis dan taktis guna menuju PPNS yang profesional,”

“Jenis kejahatan atau tindak pidana terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kehidupan sosial. perumusan jenis tindak pidana tersebut dilaksanakan dengan membuat peraturan undang-undang yang akan dijadikan dasar bagi alat negara penegak hukumnya,”

“Tingkatkan hubungan dan kerja sama yang baik dengan sesama penegak hukum yang tergabung dalam Criminal Justice System , khususnya Penyidik Polri terhadap PPNS.”

Dalam kegiatan itu, tampak hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Drs. H.M. Dianto,M.Si, Ketua Tim Biro Koordinasi dan Pengawasan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (Rokorwas PPNS), Para Pejabat Utama Polda Jambi dari mulai Karo hingga Kabid, dan para Narasumber Rapat Koordinasi PPNS.

(Lilik Adhi)