Pilkades Tahun 2018 Siap Gunakan Sistim E-Poting

40

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-Sedikitnya 39 Desa dalam Kabupaten Sarolangun tahun ini ( 2018 ) akan menggelar pilkades serentak. Pilkades tersebut direncanakan akan menggunakan sistim E-Poting. Hal itu dikatakan oleh Wabub Hillaltil Badri saat diwawancara mengaku sangat oftimis masyarakat bisa menerima perubahan sistem tersebut, Rabu (04/04/2018).

“kita sangat yakin masyarakar bisa menerima dengan sistem E-Poting ini, sebab sangat mudah dipahami oleh masyarakat” Kata wabub.

Dengan adanya sistem tersebut, diharapkan demokrasi lebih transfaran dan terbuka, serta bisa meminimalisir kecurangan pada pilkades.

“Sistem ini juga lebih transfaran serta bisa meminimalisir terjadinya kecurangan. Jika ini sukses, bisa saja akan berlanjut ke pemilihan legislatif dan presiden,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemdes Zaidan menjelaskan, saat ini pihaknya tengah fokus mempersiapkan segala administrasi dan sosialisasi sistem E Poting Desa yang akan melaksanakan Pilkades.

“jadi kalau persiapan secara umum kita sudah 70 persen. Untuk menyelesaikan itu, Sekarang kita fokus sosialisasi kemasyarakat dengan melibatkan para panitia pilkades di masing masing Desa” Kata Zaidan.

Sementara, saat ini pihak Disdukcapick Sarolangun tengah fokus merampungkan proses perekaman di 38 desa yang akan mengikuti pilkades.

“sesuai tugas, kami hanya menyiapkan perekaman E – KTP,  Alhamdulillah sudah 90 persen, sebab itu syarat wajib untuk bisa memilih, namun jika KTP belum selesai kami akan menyiapkan surat keterangan ( suket )” Tutur Helmi Kadis Dukcapil Sarolangun Singkat.

(Afdol)