Penyandang Disabilitas Jadi Sorotan Khusus Dinas Dukcapil Sarolangun

42

SAROLANGUN – Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun memberi perhatian khusus pada penyandang disabilitas siapkan loket rekam e-KTP, tidak sampai di situ bahkan capil siap jemput kerumah bagi penyandang disabilitas di Kabupaten  Sarolangun.

Untuk memenuhi data kependudukan Pelayanan dinas Disdukcapil kabupaten Sarolangun siap jemput bila perlu sampai kerumah bagi warga yang tidak mampu mendatangi dukcapil atau yang memgalami cacat fisik maupun mental selain dukcapil telah meyiapkan loket khusus bagi disabilitas.

Selain itu Dinas dukcapil kabupaten Sarolangun telah menyiapkan satu loket untuk pelayanan untuk Lansia,
Ibu hamil, serta disabilitas yang memiliki cacat mental  dan fisik yang ingin mengurus data kependudukan tidak menutup kemungkinan disebilitas yang tidak bisa datang ke dukcapil, disdukcapil bersedia antar jemput ke rumah bila di beritahukan terlebih dahulu  seperti  yang dialami oleh Apriyansah bocah berusia 18 tahun yang memiliki keterbatasan fisik dan mental yang beralamat di Dusun Pucuk Kaki, Desa Lubuk Sepuh, Kecamatan Pelawan.

Helmi kadis Dukcapil Sarolangun mengatakan, sebelumnya ibunda Apriansyah mendatangi disdukcapil dan menceritakan sulitnya ekonomi
serta ingin mengurus dokumen kependudukan anaknya Apriansayah yang disabilitas untuk membuat BPJS Apriansyah yang keterbatasan mental dan fisik sulit untuk berobat karena belum memiliki identitas, setelah mendapat laporan dengan sigap dukcapil setelah mengantongi alamat Apriansyah dan melakukan perekaman e-KTP di rumahnya.

Selain itu Helmi menegaskan agar setiap kepala Desa bisa mendata warganya yang memiliki keterbatasan fisik dan mental agar dilaporkan ke Dinas Sosial untuk di data selanjutnya yang belum memiliki identitas kependudukan agar segera melaporkan ke disdukcapil untuk dilakukan perekaman e-KTP, Imbuhnya. Kamis  (20/06/2019).

(Afdol)