Pemkab Sarolangun Mendukung Pendataan Keluarga 2021

212

SAROLANGUN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun Provinsi Jambi sangat mendukung program Pendataan Keluarga 2021 yang diluncurkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Pendataan Keluarga 2021 (PK21) merupakan program Nasional melalui BKKBN setiap lima tahun sekali, dalam membangun keluarga Indonesia yang berkualitas. Tahun ini dilaksanakan serentak secara Nasional mulai tanggal 1 April hingga 31 Mei 2021.

Dukungan Pemkab Sarolangun disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sarolangun Ir. Endang Abdul Naser atas nama Bupati Sarolangun pada Pencanangan PK 21 Kabupaten Sarolangun, Kamis 1 April 2021 / Khamis 18 Syaban 1442.

“Saya Ir. Endang Abdul Naser Sekda Kabupaten Sarolangun atas nama Bupati Sarolangun mengajak seluruh masyarakat Sarolangun untuk mensukseskan pendataan keluarga tahun 2021, terima lah para kader pendata, berikan informasi yang lengkap dan sejelas jelasnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pendataan, awal perencanaan keluarga. Pastikan keluarga anda terdata. Berencana itu keren,” ucap Sekda.

Himbauan Sekda merupakan bentuk dukungan yang penuh demi suksesnya program BKKBN.

“Pemkab Sarolangun sangat mendukung program pendataan keluarga 2021, kita mengharapkan para kader betul-betul mendata keluarga dengan sebenarnya,” kata Sekda yang mendapat giliran pertama dalam pendataan keluarga Kabupaten Sarolangun.

“Terutama kita tekankan kepada para Camat, Kades hingga perangkat paling bawah,”ujarnya.

Sekda berharap dengan pendataan keluarga yang dilaksanakan oleh kader di bawah pembinaan penyuluh keluarga berencana (PKB) atau petugas lapangan keluarga berencana (PLKB), dapat membantu pemerintah pusat dalam rangka perencanaan keluarga yang baik.

“Mudah mudahan dengan mendata keluarga dapat membantu pemerintah pusat dalam rangka perencanaan keluarga yang lebih baik,” harap Sekda.

Senada dengan Sekda Endang Abdul Naser, himbauan juga dilakukan Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sarolangun H. Adnan, HS, SE, M. Kes, didampingi Sekdin DPPKB dr. Irwan Mizwar yang intinya mengajak seluruh masyarakat Sarolangun untuk mensukseskan pendataan keluarga tahun 2021.

Untuk mensukseskan program ini, Kadis Adnan mengatakan pihaknya menyiapkan 585 orang kader untuk melakukan pendataan pada 80.275 Kepala Keluarga se Kabupaten Sarolangun.

“Untuk mensukseskan pendataan keluarga, kita menyiapkan sebanyak 585 kader di 11 kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun,” kata Kadis.

Pendataan Keluarga 2021 (PK2021) merupakan kegiatan strategis Program Pembangunan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga untuk kepentingan perencanaan, evaluasi dan pengukuran kinerja sampai dengan wilayah administrasi terkecil (RT/RW).

Pendataan dilakukan dengan menggunakan metoda wawancara langsung dan observasi melalui kunjungan.

Merujuk keterangan resmi BKKBN, Pendataan Keluarga 2021 adalah kegiatan pengumpulan data-data terkait pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana, dan anggota keluarga.

Hasil Pendataan Keluarga 2021 akan menjadi dasar kebijakan pemerintah. BKKBN juga menargetkan program ini ke depan akan membantu proses pembentukan “Satu Data Keluarga Indonesia.” (*)