Pelatihan Jurnalistik di SMAN 7 Sarolangun Berjalan Sesuai Prokes

322

SAROLANGUN – Pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan literasi workshop, yaitu pelatihan jurnalistik di SMAN 7 Sarolangun, dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah perserta yang hadir Sebanyak 30 Orang  dan setiap peserta pelatihan diwajibkan mencuci tangan sebelum memasuki ruang kegiatan. Setelah itu, dilakukan pengukuran suhu tubuh dan setiap siswa diwajibkan memakai masker selama kegiatan berlangsung. Jarak duduk antarsiswa juga diatur sesuai prokes.

Kepala SMAN 7 Sarolangun  DAFNEDI.S.Sn.M.Sn.Seusai Membuka Kegiatan workshop,Jurnalis menegaskan,”alasan kegiatan tersebut harus dilakukan secara luring (luar jaringan).

“Pertimbangan kami, karena telah memenuhi syarat protokol kesehatan dengan baik. Selain itu juga, akan lebih fokus jika  face to face dengan narasumber dan ilmu yang masuk tidak 1 persen tetapi antara 75 persen sampai 90 persen yang didapat,” jelasnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama Satu hari saja pada Senin 21 juni 2021. Sebanyak 30  peserta dalam kegiatan ini sangat antusias mengikuti seluruh tahapan pelatihan. Para peserta merupakan utusan dari sekolah yang berada di Kabupaten Sarolangun, Namu ada juga sekolah yang tidak Mengirim dalam Kegiatan dan selin diajarakan bagai mana menulis yang baik juga diajarkan bagaimana cara mengwancarai kepada orang yang akan diwancarai Sekaligus juga bagai mana mengambil Fhoto yang baik dan pengambilan Vidio,katanya.

Menurut DAFNEDI.S.Sn.M.Sn.untuk melatih para siswa, panitia menghadirkan narasumber seorang jurnalis dari Media RadarNusantara Dan Media Netizen yang berada dikabupaten Sarolangun.ucapnya

Sementara itu, Materi yang disajikan oleh  Narasumber tersebut adalah pengenalan apaitu Jurnalis dan Cara penulisa juga pengambilan Fhoto dan saya memberi pesan kepada para siswa, agar setelah mengikuti kegiatan ini dapat berbagi ilmu dengan teman-temannya. “Saya berharap semoga tulisan para siswa dapat membangun bahkan dapat memotivasi teman-teman yang masih muda untuk lebih mencintai kegiatan jurnalistik dan berusaha untuk mengisi diri dengan hal-hal yang positif,” harap fuady.

Pemateri menambahkan bahwa nilai karakter yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis adalah memiliki daya juang yang tinggi. Menjunjung tinggi kejujuran, bertanggung-jawab, memiliki attitude yang baik, dan kemampuan berbahasa yang baik.Pungkasnya.#.AF