Pelantikan Kades pada Masa Pandemi, Ini Pesan Khusus Bupati Cek Endra

390

SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun pada masa pandemi ini sudah  melantik 43 Kepala Desa (Kades) dari 53 Kades terpilih, hasil Pilkades serentak 5 Juli 2021 di 11 Kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun.

Bagi Bupati Cek Endra, pelantikan kades terpilih harus dilakukan dengan cepat, mengingat dalam pencegahan Covid-19 perlu tindakan manajemen lapangan yang cepat, karena pentingnya sosialisasi dari Kades depenitif dalam mencegah Covid -19. Pelantikan Kades di Kabupaten Sarolangun pada masa pandemi ini terselenggara dengan mematuhi Protokol kesehatan (Prokes).

Pelantikan para Kades berjalan lancar tanpa ada permasalahan, sama halnya pada pelantikan 11 Kades dalam Kecamatan Bathin VIII yang berjalan lancar, aman dan sejuk.

Bupati Cek Endra menaruh harapan kepada 43 Kepala Desa (Kades) yang baru, sebagai pemegang amanah masyarakat untuk dapat mensejahterakan masyarakatnya.

Dalam pidatonya, Bupati Cek Endra mengungkapkan pesan khusus kepada Kades yang baru dilantik dalam pencegahaan Covid-19, para Kades diharapkan mendukung program pencegahan Covid-19.

“Kepala desa yang baru adalah pemegang amanah untuk kesejahteraan masyaraktnya, segeralah bekerja, semua tupoksi dan apa -apa yang harus dilakukan saat ini tentu sudah tahu, baik itu sebagai kepala pemerintahan desa, sebagai tokoh adat dan tokoh agama, harus tancap gas, tidak ada waktu jedah,” kata Bupati Cek Endra pada pelantikan 11 Kades dalam Kecamatan Bathin VIII, Kamis 19 Agustus 2021.

Bupati Cek Endra mempunyai pesan khusus,  dalam pencegahaan Covid-19, para Kades harus mendukung program pencegahan Covid-19, secara intensif Kades harus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan dan mau divaksin.

“Secara khusus saya berpesan, Kades yang baru dilantik harus mendukung program pencegahan Corona di desanya masing-masing, dengan bersosialisasi mulai dari bagaimana agar masyarakat menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak serta mengajak masyarakat agar mau divaksin,” imbuh Bupati, mengingat pada saat ini masih banyak warga masyarakat yang enggan divaksin.

“Sosialisasikan kepada masyarakat bahwa vaksinasi adalah salah satu cara melindungi diri dari tertularnya virus corona,” imbau Bupati Cek Endra, bermaksud agar masyarakat memiliki kekebalan tubuh dan terhindar dari Covid-19.

Menurut data yang dihimpun media ini dari Dinas PMD Sarolangun,  hingga diterbitkannya berita ini, para Kades yang sudah dilantik hasil Pilkades serentak tahun 2021 dalam Kabupaten Sarolangun adalah 43 Kades di 8 Kecamatan.

Para Kades yang sudah dilantik tersebut adalah 7 Kades dalam Kecamatan Mandiangin, 6 Kades dalam Kecamatan Mandiangin Timur, 8 Kades dalam Kecamatan Singkut dan 5 Kades dalam Kecamatan Limun.

Selanjutnya 1 Kades dalam Kecamatan Pelawan, 4 Kades dalam Kecamatan Sarolangun, 11 Kades dalam Kecamatan Bathin VIII dan 1 Kades dalam Kecamatan Pauh.

Sedangkan 10 kades yang belum dilantik adalah hasil Pilkades serentak di 3 Kecamatan, yakni 3 Kades dalam Kecamatan Air Hitam, 3 Kades dalam Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG) dan 4 Kades dalam Kecamatan Batang Asai. 10 Kades tersebut segera dilantik dalam waktu dekat.(A-F)