Pelaku Spesialis Bongkar Rumah Dan Curanmor Di Hadiahi Timah Panas

84

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-Pelaku spesialis bongkar rumah dan Curanmor berinisial IW bin SP (27) tahun warga Musi Rawas berdomisili di RT. 04 Desa Batu Ampar. Kecamatan Pauh. Kabupaten Sarolangun dihadiahi timah panas karena melawan tugas

Berdasar laporan Ralim Ropinus Sinaga (36) tahun putra dari J. Sinaga warga Desa Rantau Tenang. Kecamatan Pelawan. Kabupaten Sarolangun. Nomor, LP/B-11/I/2018/JBI/RES SRL tanggal 16 Januari 2018.

Kejadian bermula pada waktu dan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Senin, 08 Januari 2018 Sekira Pukul 03.00 WIB di Rumah korban di Rt.06 Desa rantau tenang.

Dengan Kronologis kejadian, Pada hari senin tanggal 08 januari 2018 sekira pukul 06.00 wib saksi An. JONI SARAGIH hendak kerumah orang tua pelapor an. RALIM ROPINUS SINAGA yang malam harinya tidur di sebelah rumah orang tua pelapor di RT. 06 Desa Rantau Tenang kec. Pelawan kab. Sarolangun dengan tujuan akan mengambil sepeda motor miliknya yang di parkirkan di dalam rumah orang tua pelapor tersebut dan setelah masuk kedalam rumah sepeda motor milik pelapor Honda Vario warna hitam dengan Nopol BH 4426 SL dengan NOSIN JF91E1142118 Dan NOKA, Mh1JF9161AK138950 dan sepeda motor korban Juliana Sipayung jenis Honda Beat POP warna hitam tersebut sudah raib.

Kemudian JONI S memberitahukan kepada JULIANA Sipayung bahwa rumah orang tua pelapor sudah rusak dan terlepas jendelanya kemudian korban An. JULIANA S. melihat barang barang di dalam rumah berupa 1 (satu ) notebook dan 3 unit handphone, 1 hp Oppo A37, 1 hp NOKIA C2, Samsung duos yang terletak di ruang tengah juga tidak ada lagi kemudian korban masuk kamar dan melihat tas telah berantakan dan melihat STNK beat hitam telah hilang dan juga kehilangan uang sejumlah 1.500.000,- ( satu juta lima ratus ) dan kemudian korban melapor ke polres sarolangun

Pada saat diKonfrmasi Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, S.IK, M.AP melalui Kasar Reskrim AKP George Alevander Pakke, S.IK membenarkan tentang ungkapan kasus tersebut.

Kemudian kronologis Penangkapan bermula diperoleh informasi bahwa curanmor kembali marak di wilayah Kab. Sarolangun. Kemudian dilakukan penyelidikan ber modus bongkar rumah dan petunjuk di TKP, dengan hasil mengarah pada diduga pelaku. Selanjutnya dilakukan pelacakan terhadap pelaku hingga akhirnya pelaku diamankan di rumahnya di Desa Batu Ampar Kec. Pauh.

Setelah pengunggapan dijumpai Barang Bukti (BB), 1 (satu) unit sepeda Motor merk Honda vario warna hitam Nopol BH 4426 SL, 1 ( satu ) unit sepeda Motor merk Honda scupy warna putih crem tanpa nopol, 2 (dua) buah kunci model L, 3 (tiga) senjata tajam jenis pisau, 3 (tiga) buah ATM, 3 (tiga) buah HP, 5 (lima) buah dompet, 3 (tiga) buah KTP, 1 (satu) buah tablet, berbagai kunci baut, dan 1 (satu) buah tas jinjing.

Setelah si intogasi pelaku mengakui atas perbuatannya sebanyak 21 Tempat Kejadian Perkara (TKP) diantaranya,1 TKP di Ds. Pulau Pinang mangambil 1 Unit Supra X, 2 TKP di Ds. ladang panjang mengambil 2 (dua) buah sepeda motor KLX dan Vario, 3 TKP di Ds. Rantau Tenang mengambil 1 unit mio putih, 1 sepeda motor vario merah, 1 motor honda beat hitam, 1 hp nokia x2 , 1 hp nokia, 1 hp oppo, 1 note book, 2 TKP di Ds. Lubuk Sepuh mengambil 1 motor Honda Revo hitam, 1 hp, 1 TKP di Ds. Gurun mudo mengambil 1 motor karisma hitam, 1 TKP di Ds. Sungai Abang mengambil 1 motor honda megapro, 1 TKP di pasar mandiangin mengambil 1 Honda scupy putih, 6 TKP di wilayah Kec. Pauh, 3 TKP di wilayah Kec. Kota Sarolangun, dan 3 TKP di wilayah Kec. Mandiangin.

Pelaku dijerat Pasal 363 ayat (3), (4) dan (5) KUHP. Dengan ancaman Pidana penjara selama 9 tahun.

(Sopyan Abusro)