BMKG 38 Titik Api di Kab. Sarolangun Berpotensi Kebakaran Lahan Perkebunan

137

SAROLANGUN – 18 titik api kembali terpantau, 13 titik api berada di Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi-Indonesia.

Dalam tiga hari belakangan ini kabupaten Sarolangun terpantau melalui satelit Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebanyak 18 titik api yang tersebar dibeberapa Kecamatan seperti Kecamatan Limun dan Kecamatan Batang Asai yang terpantau tertinggi titik api.

BPBD Kabupaten Sarolangun aktif memantau titik api hot spot lingkaran merah yang tertinggi berada di Kecamatan Limun sebanyak 13 titik hot spot, dan 3 titik di Kecamatan Batang Asai sementara 2 lainnya yang tersebar di Kecamatan Sarolangun.

Diketahui banyaknya titik api di Kecamatan Limun terpantau melalui satelit lipan fire hotspot dari BMKG.

Kepala BPBD kabupaten Sarolangun Triyanto telah menyiagakan dan melakukan pemantauan titik hot spot yang tersebar di Kecamatan Limun serta Kecamatan Batang Asai selain itu titik api yang terpantau berada di lahan yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat terpaksa petugas melalui menggunakan sepeda motor bahkan disaat melintasi sungai petugas Karhutla berjuang dengan berjalan kaki.

Sebelumnya Kabupaten Sarolangun berdasarkan pantauan satelit dan BMKG terdapat 16 titik api dan beberapa hari ini terpantau 18 titik api jadi secara keseluruhan titik api di kabupaten Sarolangun sebanyak 38 titik api yang tersebar di beberapa Kecamatan yang memiliki potensi kebakaran lahan perkebunan warga. Minggu (28/07/2019).

(Afdol)