Merangin TNI-POLRI Gelar Apel Kesiagaan Kebakaran Karhutla

148

MERANGIN-Memasuki musim kemarau di Kabupaten Merangin, TNI -POLRI gelar apel kesiapsiagaan dan simulasi dalam rangka penanggulangan bencana alam kebakaran hutan, dan lahan (Karhutla) bertempat di Polsek Masurai Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin.
Senin 1 Maret 2021 / Ithnayn 17 Rajab 1442.

Kegiatan Apel kesiapsiagaan dan simulasi karhutla tersebut melibatkan kurang lebih 40 personil yang terdiri dari Koramil 420-06/Muara Siau, Posek Masurai, dan Para Kades Se-Kecamatan Lembah Masurai.

Apel ini untuk mengecek kesiapan personil dalam menanggulangi bencana karhutla di Kecamatan Lembah Masurai. Tampak Hadir Camat Lembah Masurai M. Lubis,Spd, Danramil 420-06/Muara Siau Kapten Inf Ramlan dan Kapolsek Masurai Iptu H.Sitepu.SE.

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi, Radya Diansyah Lubis,S.A.P.,M.Han Melalui Danramil 420-06/Muara Siau Kapten Inf Ramlan mengatakan saat ini kita sudah memasuki musim kemarau, pada musim ini ada salah satu bencana yaitu kebakaran hutan dan lahan, oleh karena itu kita perlu lakukannya upaya-upaya sedini mungkin baik pada waktu sebelum, saat kejadian, dan setelah kejadian.

“Untuk itu kami gelar apel kesiapan sehingga bisa terkoordinasi dan kerjasama terpadu antar seluruh personil yang terlibat, karena semuanya mempunyai tugas dan fungsi masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu dengan adanya simulasi ini nantinya seluruh personil pada waktu dilapangan bisa meningkatkan kerja sama dan sinergitas dalam penganggulangan Karhutla secara proporsional dan “kerja sama dan sinergitas yang bagus saat bertugas peran penting dalam menanggulangi Karhutla,” pungkasnya.

Di Kesempatan yang sama Camat Lembah Masurai M.Lubis,S.Pd mengatakan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kades se- Kecamatan Lembah Masurai harus hanti-nantinya selalu berkoordinasi dan sosialisasi kepada masyarakatnya untuk tidak membakar pada saat membuka, membuat kebun dan membersihkan kebun dan ladang,

Dan apa bila menemukan, atau sengaja mambakar segera padamkan api pada waktu kecil jangan sampai membesar.

(Jas)