Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Warga Ladang Panjang Bersih2 Masjid

120

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN -Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadhan, karena dengan suasana Masjid Ridussolihin desa Ladang Panjang bersih-bersih tempat ibadah agar ibadahnya lebih khusuk, ujar ketua BPD Drs. Muklatip, Minggu (29/4/2018).

Selain membersihkan masjid, kata dia, gotong- royong tersebut juga untuk mempererat tali silaturahim antar warga  dan pemerintah desa,  agar pelaksanaan ibadah puasa berjalan dengan tenang, nyaman dan penuh kedamaian.

Ia menjelaskan, berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan selama bulan suci Ramadhan, terdiri dari shalat tarawih, pesantren kilat dan safari Ramadhan yang akan dilakukan rombongan Pemerintah desa ladang panjang serta aneka kegiatan ibadah lainnya.

“Momen seperti ini salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturrahim sesama warga dan perangkat desa ladang panjang yang mungkin untuk bertamu ke setiap rumah agak sulit, karena setiap warga disibukkan dengan aktivitas masing-masing, seperti bekerja di kantor dan lainnya,” ujarnya.

Ia mengemukakan, tradisi gotong- royong membersihkan masjid yang ada di desa ladang panjang serti di masjid Riadussolihin dilakukan yang pertama di desa ada empat masjid. di desa Ladang Panjang masjid Riadussolihin yang kita mulai karena masjid yang paling tua di desa Ladang Pajang bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramdhan saja, namun juga dilakukan setiap saat sesuai dengan kondisi Masjid pada saat itu.

“Kalau masjid sudah kelihatan kotor, para warga desa Ladang Panjang berdatangan membersihkan Masjid, biasanya dilakukan sebelum menunaikan ibadah shalat Jumat dan pada hari minggu,”

(Afdol)