Melalui P2DK, Desa Ladang Panjang Berdayakan Kaum Ibu Latih Menjahit Nunjang Ekonomi Keluarga

36

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN- Melalui Dana Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK), Desa Ladang Panjang, Kecamatan Sarolangun melakukan pemberdayaan masyarakat khususnya kaum ibu dengan pelatihan menjahit.

Sedikitnya ada 64 mesin yang dilontarkan pemerintah desa, yang terdiri 46 Mesin Jahit, 10 Mesin Bordir dan 10 Mesin lobang kancing, untuk diberdayakan masyarakat, setelah melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh desa.

Pjs Kades Ladang Panjang, Tarmizi, S.Pd, Kamis (28/12/2017), mengatakan program pelatihan menjahit tersebut saat ini sudah berjalan dengan baik, dan bahkan sudah dilakukan peresmian pelatihan menjahit tersebut di Aula Kantor Desa Ladang Panjang.

“Tahun ini P2DK, kita gunakan untuk pelatihan menjahit bagi kaum ibu, dengan pengadaan 64 mesin penjahit yang diberikan kepada dua kelompok,” katanya.

Ia juga menjelaskan, dari dua kelompok masyarakat tersebut berjumlah 46 orang masyarakat ladang panjang, artinya dalam satu kelompok terdapat 23 orang yang ikut dalam pelatihan menjahit tersebut.

Dimana pelatihan tersebut dilatih langsung dari pelatih jahit yang berada di kantor Dinas Nakertrans Sarolangun, Bernai atau yang sering disebut BLK Sarolangun.

“Pelatihan ini dilatih langsung dari BLK di Aula kantor desa, dan itu sudah berlangsung,” jelasnya.

Selain itu ia berharap kedepannya, dengan adanya pelatihan menjahit ini, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat ladang panjang melalui usaha penjahit, dan tentunya bisa mensejahterakan keluarga.

“Bisa menambah penghasilan dan tentunya meningkatkan ekonomi keluarga ke depannya, melalui usaha penjahit,” tukasnya.

Dalam peresmian realisasi program P2DK, dalam pemberdayaan dan pelatihan keterampilan menjahit di laksanakan, Kamis (28/12/2017), di Aula Kantor Desa, dihadiri Camat Sarolangun Muhammad Idrus, Pendamping Desa M Nur Lubis, Kepala KUA Kecamatan Sarolangun Maskur, BPD dan LPM Desa Ladang Panjang, serta tokoh masyatakat dan kaum ibu.(Se31)