Terima P2DK, Warga Bukit Bulan Berterimakasih Pada Bupati Cek Endra

86

Foto : Bayu Yustino,Kades.Lubuk Bedorong dan Kerbau P2DK

SAROLANGUN – Pemanfaatan dana
Percepatan Pembangunan Desa Kelurahan (P2DK), Program Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra dan Wakil Bupati H Hillalatil Badri, di Daerah Bukit Bulan Kecamatan Limun, didominasi usaha Peternakan Kerbau.

Program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini, disambut baik dengan antusiasme masyarakat karena diakui sangat membantu dalam upaya peningkatan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat.

Dari informasi yang dihimpun netizenews.co.id, dari 6 (enam) Desa di daerah Bukit Bulan, ada 5 (lima) Desa yang menerima dana P2DK dikelola dengan kegiatan usaha Peternakan Kerbau, Desa-Desa tersebut adalah Desa Lubuk Bedorong, Desa Temalang, Desa Meribung, Desa Napal Melintang dan Desa Mersip.

Desa Lubuk Bedorong, salah satu Desa yang memanfaatkan dana Program P2DK tahun 2019 untuk usaha peternakan kerbau, dikelola dengan memelihara 10 ekor kerbau, 8 ekor Kerbau betina dipelihara oleh masyarakat dan 2 ekor Kerbau jantan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Dana P2DK Desa Lubuk Bedorong tahun 2019 ini dimanfaatkan untuk ternak kerbau, jumlahnya 10 ekor kerbau, 8 ekor dipelihara oleh masyarakat dan 2 ekor dikelola oleh BUMDes,”‘ kata Bayu Yustino,
Kepala Desa Lubuk Bedorong, Kamis (2/1/2019) saat dibincangi wartawan netizenews.co.id.

“Dua ekor kerbau yang dikelola BUMDes, setelah bisa dijual dan menguntungkan akan digunakan menambah modal BUMDes untuk usaha selanjutnya,” tambah Kades Bayu Yustino.

Lanjut Kades Bayu, teknis pemeliharaan dilakukan secara bergulir, agar ke depannya warga lainnya juga mendapatkan manfaat langsung dari dana program unggulan Bupati H Cek Endra, ini.

“Teknis pemeliharaannya dilakukan secara bergulir, agar ke depannya warga lainnya juga mendapatkan manfaaf langsung, setelah beranak dan lepas menyusui, baru digulirkan kepada warga lainnya dengan cara diundi, karena Peminatnya masih banyak,” ujar Kades Bayu Yustino.

Melihat antusiasme masyarakat, Kades Bayu menyebut ke depannya dana P2DK masih akan dimanfaatkan untuk peternakan kerbau, “Masyarakat sangat antusias dan berterima kasih dibantu dalam peningkatan ekonomi, tahun depan kalau masyarakat mau kerbau kita kasih kerbau lagi, karena masih banyak yang berminat,” terang Kades Bayu Yustino.

Pada kesempatan ini, Kades Bayu Yustino juga menyampaikan ungkapan terima kasih masyarakat yang memelihara kerbau P2DK kepada Bupati Sarolangun H Cek Endra, karena menurut pengakuannya dengan memelihara kerbau P2DK ada harapan tambahan penghasilan baru bagi keluarganya.

Ungkapan terimakasih para penerima manfaat dana P2DK tersebut seperti yang diungkapkan M Hafis, yang berdomisili di Dusun 1 (satu) Desa Lubuk Bedorong, “Terimakasih Pak Bupati H Cek Endra, dengan dana P2DK ada harapan kami untuk punya penghasilan baru dari usaha ternak Kerbau,” ucap M Hafis melalui Kades Bayu Yustino.

Diketahui, Kecamatan Limun terdiri dari 16 Desa, yang berarti setiap tahunnya memanfaatkan dana Program P2DK sejumlah Rp 3, 2 Milyar, dialokasikan Rp 1,2 Milyar untuk 6 Desa di Daerah Bukit Bulan.

Masyararakat Desa Lubuk Bedorong yang berjumlah 245 KK, Mayoritas bekerja sebagai petani karet tradisional, meminta Program P2DK terus digelontorkan dan berharap jumlahnya ditambah.

“Dengan jumlah dana sekarang Rp 200 Juta per tahun, kita harap ditambah lagi sesuai kebutuhan dan permintaan masyarakat,” Pungkas Kades Bayu Yustino menyampaikan harapan masyarakatnya. (*)

(Abah Agus)