Luar Biasa…!! Kapolres Bungo Terjun Langsung Pimpin Ops PETI

184

NETIZENEWS.CO.ID/ MUARA BUNGO-Kapolres Bungo AKBP Budiman Bostang Panjaitan SH SIK MH Memimpin langsung  tim gabungan Operasi pemberantasan Pertambangan Emas Tanpa Izin ( PETI). Dengan titik sasaran lokasi berada di sebelah kanan Run Way Bandara Muara Bungo .
Yang terletak diwilayah Desa Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, Selasa (5/12/2017), sekitar pukul 09,00 Wib.

Terlihat juga hadir dilapangan Dandim 0416 BUTE Letkol Inf Wahyu Hadi Soenaryo S. Sos, Kasat Reskrim AKP Afrito Marbaro Macan S.H, S.Ik, Kasat Binmas Res Bungo AKP Darmawan, Kasat Intelkam IPTU Sukman S.H, Kasat Sabhara IPTU Wildan Lubis S.E, Kapolsek Kota Muara Bungo IPTU David Raditia Yudistira S.Ik dan Assisten II Pemkab Bungo Drs. Hairul Saleh.

Dengan peserta apel gabungan terdiri  dari Polres Bungo, Kodim 0416 BUTE, Sat Pol PP, Subdenpom termasuk  Pemkab Bungo yang berjumlah 134 orang.

Kapolres Bungo AKBP Budiman Bostang Panjaitan SH SIK MH pada apel gelar pasukan. Menegaskan kepada tim gabungan yang akan melaksanakan Operasi PETI. Disela itu juga mengucapkan terima kasih kepada personil yang terlibat operasi PETI.

Dirinya juga mengingatkan kepada tim gabungan, apabila di dapat pelaku PETI harus  diamankan dengan cara manusiawi ” Karena Negara kita Negara hukum, jadi penyelesaiannya juga melalui proses secara hukum” tegasnya.

Bostang juga mengintruksikan apabila menemukan mesin atau alat yang digunakan untuk menambang .
Lakukan langkah tegas dengan langsung dimusnahkan dengan cara dibakar.

Terhadap  anggota saat melaksanakan tugas dilapangan harus tetap hati-hati bersama tim yang sudah dibagi.
Usai memimpin gelar pasukan Operasi PETI, Kapolres beserta  seluruh personil bergerak  menuju lokasi PETI.

Pukul 09.30 Wib tim gabungan Ops PETI bergerak menuju arah Bandara Muara Bungo Desa Sungai Buluh Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo. Dengan terbagi menjadi 2 tim .

Tim 1 menuju lokasi PETI dengan melewati jalan kebun yang di portal milik H. Ismail.

Kemudian tim 2 menuju lokasi PETI dengan melewati jalan Run Way Barat Bandara Muara Bungo.

Pukul 10.15 Wib sampai jam 12.00 Wib tim gabungan sampai di lokasi PETI.

Disana  berhasil memusnahkan 28 Rakit dengan tidak ada mesin lagi.
Kapolres Bungo disaat memerintahkan  kasat reskrim dan kasat intel untuk menyisir tempat disembunyikan mesin, Keong dompeng dan ditemukan 9 Unit alat yg digunakan  untuk melakukan penambangan disimpan dalam tanah dengan kedalaman lebih kurang 1.5 meter.

Barang bukti yang berhasil ditemukan dibawa ke polres Bungo dengan cara ditandu gabungan anggota Polri dan TNI serta Satpol PP berjarak lebih kurang 2.5 Km ketempat titik akhir R4,R2 diparkir.

Kegiatan Operasi PETI berakhir pada jam 14.30 Wib dengan diakhiri  apel konsolidasi,  selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif
(Agus Saleh/Rul)