Latihkan Sispam Mako, Kapolres Sarolangun Perintahkan Personel Serius

32

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN-Meningkatnya situasi Kamtibmas secara Nasional akhir – akhir ini, disikapi oleh Polres Sarolangun dan jajarannya dengan menyiapkan personelnya untuk Pengamanan Mako. Menindak lanjuti hal tersebut Polres Sarolangun menggelar latihan kegiatan system pengamanan markas komando (Sispam Mako), Selasa (28/11/17).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka antisipasi ancaman terror demikian pula hakikat ancaman kamtibmas yang kadang-kadang tidak terdeteksi timbul serangan mendadak bahkan terjadi huru hara dan anarkis pada akhirnya terjadi bentrokan dengan petugas, merusak benda, sarana atau prasarana serta bangunan.

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, S.IK, M.AP menjadikan pengamanan sispam mako salah satu prioritas penting selain tetap melaksanakan giat rutin Polres Sarolangun dalam memelihara Kamtibmas di tengah masyarakat.

Sesuai Standar Operasinal Prosedur (SOP) markas Kepolisian Negara Republik Indonesia dari yang terendah hingga yang tertinggi merupakan bagian integral dari kewenangan dan kedaulatan negara oleh karenanya harus dilindungi dari setiap usaha yang merusak dan membuatnya tidak dapat dipakai lagi.

Dalam kesiapan pengamanan dengan didampingi Waka Polres Sarolangun dan Kabag Ops Polres Sarolangun, setelah diadakan Panggilan Luar Biasa (PLB) dan alarm of steling pada jam dinas kepada personil Polres Sarolangun selanjutnya melakukan analisa dan evaluasi pelaksanaan kegiatan personil dalam mengamankan daerah yang menjadi prioritas masing-masing dimana telah tergelar mulai dari bagian depan untuk mengamankan markas Polres Sarolangun sekaligus mencegah masuknya pelaku ke Mapolres berikut bagian samping kanan.

Kemudian bagian samping kiri mengamankan pintu gerbang keluar Polres, bagian belakang pada daerah gedung serba guna/aula, tempat ibadah, lahan parkir kendaraan dan Logistik tempat Senjata serta bagian ruangan dengan melakukan pengamanan dan perlindungan terhadap ruang kerja Kapolres, Waka Polres, Kabag Ren, Kabag Sumda, Kabag Ops dan ruang kerja lainnya dalam keadaan siap siaga dengan perlengkapanya.

kegiatan System Pengamanan Markas Komando (Sispam Mako) Polres Sarolangun bertujuan memberikan gambaran dan pedoman bagi personil tentang bagaimana cara bertindak, mengamankan serta melindungi markas Kepolisian Resor Sarolangun berikut aset-asetnya guna memujudkan kesamaan dan keseragaman pola tindak secara cepat, tepat dan berhasil, dengan tetap memperhatikan tindakan-tindakan pembinaan dan pencegahaan serta tindakan represif dilakukan dengan pertimbangan azas kesinambungan dan kelayakan dengan alasan yang pasti dan benar secara obyektif, professional dan proporsional.
(Ihsan)