Lantik Tiga Kades Kecamatan Air Hitam, Bupati Cek Endra Ajak Masyarakat Perangi Covid-19

455

SAROLANGUN – Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra melantik dan mengambil sumpah jabatan 3 Kepala Desa terpilih dalam Kecamatan Air Hitam, hasil Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Sarolangun yang diselenggarakan pada tanggal 15 Juli 2021, pelantikan dilaksanakan di kantor Camat Air Hitam, Kamis 26 Agustus 2021.

Pelantikan 3 Kades dihadiri Wabup Hillalatil Badri, Ketua DPRD Tontawi Jauhari, SE, Sekda Ir. Endang Abdul Naser, Asisten Pemerintahan Arief Ampera, Kadis PMD Mulyadi, S. Sos, Polsek Air Hitam dan Muhtar Danramil 03 Pauh, Camat Air Hitam Bustra Desman, KUA Kecamatan Air Hitam dan unsur Tripika.

Turut hadir Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Sarolangun Ny. Lily Suryani Hilal, Pengurus TP PKK Kabupaten Susi Aprianti, Hj. Zuhrah dan segenap pengurus, Ketua TP PKK Kecamatan Air Hitam Ny. Ita Ningtriswati Bustra dan Undangan launnya

Pelantikan 3 Kades terpilih berdasarkan Keputusan Bupati Sarolangun nomor 221/DPMD/ 2021, tanggal 27 Juli 2021.

Dari data yang dihimpun media ini Dinas PMD Sarolangun, para Kepala Desa (Kades) yang dilantik dalam Kecamatan Air Hitam adalah 3 (tiga) Kades yang akan memimpin pemerintahan desa selama satu periode, 6 tahun ke depan.

Para Kades yang dilantik adalah Ali Yusup Kades Jernih, Arpandi Kades Semurung dan Saiful Akmal Kades Mentawak Baru.

Dari imformasi yang dihimpun media ini Pilkades serentak di kecamatan Air Hitam sukses tanpa masalah sebagai mana Pilkades lainnya dalam Kabupaten Sarolangun. Kesuksesan Pilkades ini diapresiasi Bupati Cek Endra dan berterimakasih kepada Camat Bustra Desman dan para panitia penyelenggara Pilkades yang menghantarkan pilkades dengan sukses hingga teepilihya tiga Kades pilihan masyarakat desa.

“Kami dapat laporan Pilkades dalam Kecamatan Air Hitam sukses tanpa ada masalah, terimakasih Pak Camat, juga para Panitia Penyelenggara Pilkades,” kata Bupati memulai pidato dan arahannya.

Seperti pada pelantikan Kades di 8 Kecamatan yang sudah dilakukan pada masa pandemi Covid 19, arahan dan Bupati Cek Endra yang nomor wahid adalah memberi pemahaman tentang pencegahan Covid 19, bagaimana para Kades harus melakukan pencegahan Covid 19 dengan melakukan terobosan-terobosan yang baik.

“Tugas pertama kita yang pertama adalah pencegahan covid 19, Saya harap kades melakukan terobosan- terobosan yang baik bagaimana mencegah Covid, silakan beribadah di masjid dan harus jaga jarak, beraktifitas sehari – hari biasakan pakai masker dan cuci tangan dengan sabun menerapkan protokol kesehatan,” pesan Bupati.

Bupati menyebut penanganan covid di Sarolangun paling baik di Provinsi Jambi, Ia juga memberi pemahaman bahwa pemerintah menginginkan masyarakatnya sehat.

“Kita bersyukur penanganan covid di sarolangun paling baik di Provinsi Jambi, guna vaksin yaitu membantu ketahanan tubuh, tak lain niat pemerintah yaitu melihat masyarakatnya sehat,” ucap Bupati.

Lanjut Bupati, pentingnya pencegahan dan memerangi covid bukan saja karena penyakit tersebut sangat berbahaya yang hingga saat ini diakui menjadi penyebab kematian banyak orang, tetapi juga sulitnya penanganan penderita karena kurang tersedianya tempat penampungan positif Covid, obat- obatan dan peralatan kesehatan yang tidak tersedia secara oromatis dan mendadak, sehingga Covid harus diperangi.

“Kenapa kita harus perangi covid?
Puskesmas dan rumah sakit tidak cukup menampung, oksigen saja sampai kosong,” terang Bupati.

“Ayo perangi Covid, cara pertama dengan menggunakan masker, patuhi prokes, ayo lakukan vaksin,” seru Bupati.

Pada akhir acara pelantikan, Bupati Cek Endra menyerahkan sembako kepada warga Suku Anak Dalam (SAD) yang sudah divaksin, bersama Wabup Hillalatil Badri, Sekda Endang Abdul Naser, Ketua DPRD Tontawi Jauhari, Asisten I Arif Ampera dan Camat Air Hitam Bustra Desman.

Usai acara pelantikan Kades dan TP PKK Desa, Bupati Cek Endra memimpin rapat koordinasi (Rakor) Kades yang diikuti seluruh kades kacamata Air Hitam, Tripika dan Kepala Puskesmas, mewakili dinas kesehatan.(AF)