Kwarda Jambi Gelar Sosialisasi Pramuka Garuda dikwarcab Sarolangun

90

SAROLANGUN-Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pramuka Garuda Kwarda Jambi Kwartir Cabang Sarolangun,

Kegitan Pelaksanaan Sosialisasa tersebut dilaksanakan digedung Aula Kantor Camat Kecamatan Pauh kamis (05/11/2020).

Kegiatan ini diikuti 30 orang peserta dari 3 Kwaran di Lingkungan Kwarcab Sarolangun masing-masing 10 orang/ Kwaran . Peserta adalah para Ancu Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

Wakil Ketua Bidang Binamuda A. Hamid  menyampaikan,”Kwarda Jambi sejak dua tahun yang lalu terus mengembangkan kegiatan. Salah satunya adalah diselenggarakan Pramuka Garuda.

“Kegiatan ini harus benar-benar sesuai dengan kriteria yang terdapat dalam Jukran, ia berharap agar dapat membentuk karakter peserta didik Pramuka yang baik ujur Kak Amid.

Setelah memberikan sambutannya, beliau menerima buku panduan Pramuka Garuda dari Kapusdiklatda kwarda Jambi Kak Riki Wahyudi.S.Pdi.

“Riki wahyudi ketika diwancarai oleh media Rn menjelaskan,”kegiatan Garuda ini mengacu pada Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 038 Tahun 2017. Pramuka Garuda adalah seorang anggota muda Gerakan Pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan.ujurnya.

Tujuan diselenggarakannya sosialisasi  Pramuka Garuda adalah pertama memberikan motivasi kepada peserta didik agar mengamalkan Satya dan Darma Pramuka, meningkatkan Kwalitas dirinya secara terus menerus dan dapat menjadi teladan yang baik bagi sesama anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat luas, khususnya anggota muda.

Kedua memberikan kebanggaan bagi kaum muda atas perbuatan baik yang senantiasa dilakukan, dibiasakan dan dibudayakan melalui Gerakan Pramuka dan dalam kesehariaannya.

Ke tiga menarik minat kaum muda, terutama Peserta Didik untuk mengikuti jejak Pramuka Garuda, ucap Riki.

Ditambahkan nya, setelah mengikuti sosialisasi Pramuka Garuda ini, para peserta nanti harus membentuk tim penilai Pramuka Garuda di Kwarcab masing-masing yang kemudian disosialisasikan di Kwaran. Dan dalam pelaksanaannya antara Binawasa dan Binamuda harus sinergi. Kegiatan sosialisasi antara lain pemaparan materi, diskusi menyamakan persepsi untuk pelaksanaan Pramuka Garuda dan presentasi hasil diskusi. Kegiatan ditutup pada pukul 12.00. WIB.

Harapan Kwarda Jambi tahun 2022 mencetak 1.000,000 orang Pramuka Garuda dari golongan S,G,T D. Dan untuk Kwarcab dapat mencetak 30  orang Pramuka Garuda S,G,T,D. Dari Kwarcab  yang diberi tugas untuk kegiatan ini pungkasnya Riki. #.AF.RN.