Kubah Masjid As Sulthon Retak Seribu Terancam Rubuh Butuh Sentuhan Manis

808

SAROLANGUN-Masjid As Sulthon merupakan Masjid Kebanggaan masyarakat Kabupaten Sarolangun yang terlerak di RT.24, Lingkungan III, Kelurahan Aur Gading, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Kubahnya terancam rubuh.

Masjid As Sulthon yang dikenal dengan Masjid Kubah Mas yang di dirikan oleh Hasan Basri Agus dan H. Cek Endra pada Tahun 2007-2008. Kubah Mas yang berdiri megah terancam rubuh, dikwatirkan akan memakan korban jiwa bagi Jama’ah.

Menurut pantaun Ketua Lingkungan III Sopyan Abusro sekaligus Jama’ah Masjid As Sulthon, Kubah Masnya banyak terdapat retak seribu sekeling Kubah, dan ditambah lagi di tumpang Lampu hias yang bergelantungan diperkirakan berat lampu tersebut hampir mencapai 1 Ton.

Semoga Kubah ini dapat sentuhan manis dan Lampu nya segera diturunkan, agar tidak menelan korban.

Kabag Pembangunan Setda Sarolangun Charles saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu diruang kerjanya mengatakan, mengenai Lampu hias Masjid As Sulthon jauh-jauh hari Bapak Bupati Sarolangun H. Cek Endra sudah perintahkan agar lampu tersebut diturunkan, persoalan ini Abang coba konfirmasi dengan Kabag Kesra, ujar Charles.

Bertepatan Ba’da Shalat Jum’at (10/7/2020) tasobok dengan Kabag Kesra Fuady duduk bersama Ketua Ta’mir Masjid As Sulthon H. Harmia Kadir dan Kabag Kesra membernarkan bahwa Bapak Bupati sudah perintahkan agar Lampu tersebut diturunkan, persoalan lampu ada dileding sektor Dinar PUPR, kata Kabag Kesra, coba abang hubungi Dinas PUPR, kata Kabag Kesra Fuady.

Ketua Lingkungan III Kelurahan Aur Gading Sopyan Abusro meminta agar dapat merespon perintah Bapak Bupati Sarolangun agar segera Lampu hias tersebut dapat diturunkan sebelum jatuh korban, harapnya Sopyan Abusro.

Saat Kepala Dinas PUPR Ziady dikofirmasi melalui via Celuler dua kali di hubung tidak dapat dihubungi, kemudian di coba konfirmasi lewat WA,

Assalamualaikum Kepada pak Kadis PUPR Ziady maaf nganggu ini dari media netizenews.co.id Sopyan Abusro mau konfirmasi tentang Lampu hias Masjid As Sulthon kabarnya ada perintah Bapak Bupati Sarolangun Lampu tersebut segera diturunkan, Lampu yang tadinya tergelantung di tengah Masjid dengan satu tali Baja yang terjalin Lima sementara jalinannya sekarang hanya tersisa tinggal tiga, apa alasan sampai saat sekarang lampu tersebut belum diturunkan. Konfimasi lewat WA: Jam.16.52 WIB. Ditunggu!! Wassalam.

Jawaban Kadis PU, Maaf pak haji. Pengelolaan masjid itu dibawah kewenangan kesra. Bukan di dinas PU. Mgkin bisa disampaikan ke kabag kesra 🙏 Jam.17.17 WIB.

Kami tadi sudah bincang dg Kabag Kesra Fiady setelah Shalay Juma’at yang disaksikan Ketua Ta’mir Masjid As Sultnon H. Harmia Kadir, Kabag mengatakan mengatakan, kalau persoalan penurunan lampu ada di leding sektor PUPR, coba Abang hubungi Kadis PUPR, kata Fuady.

Kl berhub dgn konstruksi iyo tgs PU tapi kl lampu. Sound system dak pernah kami mengurusi mslh itu pak hj 🙏Jam. 17.53 WIB.

Persoalan Lampu hias yang keberadaan ditengah ruang Masjid As Sulthon yang dikwatirkan akan mengancam keselamata jiwa para Jama’ah setelah ditelusuri kesannya semua menyangkal.

Untuk itu mari kita tanya yang punya Titah yaitu Bupati Sarolangun H. Cek Endra kepada siap Titah tersebut di alamatkan dan apakah benar Titah tersebut itu adanya?

Sementara berita ini kita turunkan sambil menungga jawaban Bupati Sarolangun.(*)