KPUD Provinsi Jambi Lakukan Verifikasi Terhadap 12 Partai Politik Peserta Pemilu 2014

29

NETIZENEWS.CO.ID/JAMBI-Terhitung mulai 28 Januari 2018, 12 partai lama akan diverifikasi oleh KPU Provinsi Jambi. 12 partai tersebut merupakan partai politik peserta Pemilu tahun 2014 yang sudah mendaftar di KPU RI beberapa waktu yang silam.

Verifikasi ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian dari permohonan Partai Idaman. Dimana, salah satunya 12 partai peserta Pemilu 2014 tetap harus diperlakukan sama dengan partai baru yang diverifikasi faktual.

“Verifikasi partai politik di tingkat Provinsi Jambi sendiri dimulai pada 28-30 Januari 2018,” kata Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi.

Dia menjelaskan, untuk melakukan verifikasi ini, ada 5 tim di Provinsi yang dibentuk untuk berbagi melakukan verifikasi ke 12 partai tersebut.

“Adapun verifikasi yang dilakukan terkait dengan kepengurusan, kantor, 30 persen unsur dari perempuan meski ini tidak wajib,” sebutnya.

Lalu, untuk tingkat kabupaten/kota dimulai dari 30 Januari hingga 1 Februari 2018. Adapun beberapa poin yang akan diverifikasi yakni  kepengurusan, kantor, 30 persen unsur dari perempuan ditambah dengan keanggotaan.

“Untuk keanggotaan sendiri yang difaktualisasi adalah 5 persen dari jumlah anggota yang didaftarkan ke Sipol kemarin,” ujarnya.

Penulis : M. Yunus
Editor    : Sopyan Abusro