KPUD Himbau Partai Tidak Mengusung Bacaleg Mantan Pidana Koruptor, Narkoba Dan Seksual

35

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN – Menurut UU No. 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Peraturan KPU No. 20 tahun 2018 pasal 4 ayat 3 dalam seleksi Bacaleg demokratis dan tunduk partai politik tidak menyertakan mantan narapidana bandar narkoba, koruptor dan seksual, yang diseleksi oleh parpol masing-masing. Kemudian parpol akan mendatangani pakta integritas Bacaleg dalam lampiran KPU.

Ketua KPUD Sarolangun Muhammad Fakhri menegaskan agar seleksi bakal Calon Legislatif di tingkat partai politik
sesuai dengan Peraturan KPU No. 20 tahun 2018 pasal 4 ayat 3 dalam seleksi Bacaleg yang menjelaskan agar semua partai politik tidak menerima pencalonan bagi mantan bandar narkoba, koruptor dan kejahatan seksual.

Lanjut Ketua KPUD, Bila hal ini ditemukan di pengusungan partai politik maka sangsinya sudah jelas bagi calon tersebut akan di diskualifikasi kemudian partai tersebut dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku, Rabu (04/07/2018).

Ketua KPUD Sarolangun Muhammad Fakhri mengatakan, tahapan pendaftaran sudah dimulai namun bakal calon legislatif melalui partai politik belum terlihat mendaftarkan diri ke KPUD sementara Fakhri memprediksi semua bakal calon legislatif masih disibukkan dengan persiapan berkas dalam mendaftar seperti mengikuti tes kesehatan kejiwaandan tes psikologi yang nantinya akan dilaksanakan di RSUD Khatib Quswain Sarolangun dan ruang Gor Sarolangun.
( Afdol )