KPU Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPTb Pemilu Tahun 2019

86

Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan  penetapan Daftar Pemilihan Tambahan (DPTb) tingkat Kabupaten Sarolangun pemilihan umum tahun 2019 di Aula KPU, Rabu (20/03/2019).

Rapat pleno ini dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Kabupaten Sarolangun Muhammad Fahri, HS, M. Pd. dan dihadiri empat Komisioner KPU serta Ketua Bawaslu kabupaten Sarolangun Edi Martono dan Hadir juga Perwakilan Partai Politik di kabupaten Sarolangun PPK

Ketua KPUD Sarolangun  Muhammad Fahri dalam sambutannya saat pleno mengungkapkan, kegiatan rapat pleno ini merupakan lanjutan paska penetapan DPTb Ke-2 yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2019.

“Penetapan DPTb ini untuk memudahkan pemilih menggunakan hak pilihnya dimana mekanismenya di tempuh dengan 2 cara yaitu, pemilih mengurus kepindahanya dengan mengisi formulir A 5 di tempat asal waktu di daftarkan sebagai pemilih. Dan pemilih mengurus kepindahanya dengan mengisi formulir A 5 di tempat tujuan.

Prinsip pengurusan DPTb adalah harus terdaftar dalam DPT sesuai alamat domisili yang di buktikan dengan KTP elektronik.

Ia mengungkapkan, seluruh wajib pilih diharapkan agar bersama-sama mengawasi dan mencermati setiap tahapan Pemilu tahun 2019 guna untuk menciptakan pemilu yang berintegritas, transparan, akuntabel, aman dan damai.

Penyerahan Berita Acara Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Kabupaten kepada perwakilan Partai Politik, Bawaslu.

(Afdol)