Kopi Sekeladi Batang Asai Program P2DK Binaan Koperindag Sarolangun

141

SAROLANGUN – Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK). Merupakan Program unggulan Bupati Kabupaten Sarolangun H. Cek Endra dan Wakil Bupati H. Hilallati Badri yang sangat menyentuh dengan kearifan lokas memajukan ekonomi kemasyarakatan

Rupanya hasil dari program P2DK Kopi Bukit Putih Sekeladi Desa Batu Empang, Kecamatan Batang Asai,  Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi-Indonesia. Diminati masyarakat.

Kopi Sekeladi ini merupakan binaan Dinas Koperindag Kabupaten Sarolangun.

Candra Arsa warga Batang Asai Desa Batu Empang mengatakan, kopi Bukit Putih Sekeladi ini merupakan salah satu program P2DK dan program Dana Desa yang dikembangkan oleh kelompok tani bersama BUMDes  untuk  membantu ekonomi masyarakat yang ada di Desa  kami. Ujarnya. Jumat (6/12/2019).

Bersama Dinas Instansi terkait akan  terus meningkatkan kualitas dan hasil produksi kopi sesuai dengan permintaan pasar sehingga dalam mempromosikan kopi Bukit Putih ini tidak mengalami hambatan.

Dengan pelatihan yang kami ikuti di Dinas Perindag Provinsi Jambi dan bantuan modal dari program diatas bisa mumpuni, sehingga usaha rumahan pun bisa menghasilkan produk berkualitas dan bisa dipasarkan secara luas.

Menurut dia, ada dua komoditas yang berpotensi menguntungkan bagi UMKM, yaitu Kopi Sekeladi dari Desa Batu Empang dan Kopi Wanena yang dianggap merupakan salah satu jenis kopi dengan kualitas terbaik.

Kabid Industri M. Adhim, S.IP, ME menjelaskan bahwa Dalam mengelola dan mempromosikan produk kopi ini melibatkan beberapa instansi terkait antara lain Dinas Koperindag, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dinas TPHP) dan Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dinas PMPD) sehingga tujuan pengembangan ekonomi lokal dapat tercapai. Kabid Industri juga menyarankan agar pemasaran kopi Sekeladi harus melibatkan peran aktif dari Koperasi dan BUMDes.

(Afdol)