Ketua DPRD Tontawi Jauhari Dorong Percepatan Serapan APBD 2021

61

SAROLANGUN – Ketua DPRD Kabupaten Sarolangun, Tontawi Jauhari mendorong percepatan serapan Anggaran Pendapan dan Belanja Daerah (APBD) Sarolangun tahun 2021.

Politisi Golkar yang ramah dan merakyat ini menilai, percepatan serapan APBD juga bagian dari arahan pemerintah pusat. Secara tidak langsung akan terpercik positif untuk putaran roda ekonomi masyarakat.

Bukan hanya itu, dengan percepatan serapan APBD selaras akan memenuhi tingkat kebutuhan kerja SKPD, begitu juga terhadap realisasi program dan kegiatan di SKPD.

“Harapan kita serapan APBD Sarolangun sudah mulai bergerak dari awal tahun. Jikalau APBD sudah berjalan, Insya Allah ekonomi masyarakat akan hidup kembali, dengan hidupnya ekonomi, tentu saja akan menghambat terjadinya penurunan pendapatan masyarakat di Kabupaten Sarolangun,”kata Tontawi Jauhari.

Diakui Ketua DPRD Sarolangun, jika terpantau adanya kendala dalam percepatan serapan APBD, yakni adanya implementasi aturan baru yang berkaitan dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), jadi semua SKPD sedang menyiapkan, mengkaji, mengisi aturan tersebut supaya tidak terjadi kesalahan.

“Kami mengarahkan untuk semua SKPD untuk segera menyiapkan SIPD, sebab berkaitan dengan kelanjutan realisasi anggaran dan belanja daerah supaya bisa dilaksanakan,” sebutnya.

Disamping itu, bekerja secara profesional dan proporsonal para SKPD dituntut dalam penyajian SIPD, sehingga tercapainya sinkronisasi antara kinerja dan aturan.

“Memang untuk saat ini, apapun yang kita belanjakan, maka volumenya harus ada, begitu juga dengan ukurannya harus jelas, selanjutnya baru ada angkanya,”tandasnya.

(CHARLES R)