Kepsek SD se-Kecamatan Pauh Gelar Rapat Penyusunan RKAS Tahun 2022

224

SAROLANGUN – Seluruh Kepala Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun mengadakan rapat K3S materi Menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). tahun anggaran 2022 yang dilaksanakan di SD 85 Semaran. Selasa 7 Desember 2021 yang lalu.

Acara tersebut di hadiri oleh narasumber Korwil DISDIKBUD PAUH , HUSNADI. S.Pd, dan pengawas Kecamatan Pauh dan pemandu acara MC ISHAK.S.pd merangkap Sekretaris K3S

Dalam acara tersebut di paparkan terkait realisasi pengunaan dana BOS, tahun 2021 dan beberapa proses penyusunan RKAS tahun 2022 dengan melihat analisis evaluasi dari Sekolah dan rapor mutu Sekolah.

Acara tersebut berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam acara tersebut menekankan pentingnya fleksibilitas, evektivitas, evesiensi, akuntabilitas dan transparansi terhadap pengelolaan keuangan Sekolah sesuai perinsip pengunaan dana operasional sekolah, sehingga perlu kesamaan pemahaman serta visi antara guru ,pegawai ,komite dalam mengelola keuangan demi tercapainya rencana kerja yang telah di tetapkan sehingga tidak terjadi misinterpretasi terhadap predaksi anggaran yang sudah di tetapkan.

Selain itu Korwil DISDIKBUD pauh HUSNADI,S. Pd juga menyampaikan apresiasi kepada Sekolah terkait pengelolaan dana BOS yang telah di kelolah dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis dana BOS tahun 2021 dan bisa di pantau secara Realtime oleh warga Sekolah melalui Website sekolah.

Rencana kerja dan anggaran Sekolah merupakan bagian yang intergral dalam standar pengelolaan Sekolah yang mencangkup semua lini pendidikan.

Pentunjuk teknis pengunaan dana BOS yg di atur dalam permen DIKBUD No 6 tahun 2021.
syarat penggunaan dana BOS, Sekolah terlebih dahulu mewajibkan menyusun rencana kegiatan dan anggaran Sekolah sebagai dasar untuk membelanjakan dana BOS.

Dalam rapat K3S tersebut juga di sampaikan teknis penyusunan RKAS tahun ini, sambil menunggu petunjuk teknis dana BOS berdasarkan Permendiknas No 19 tahun 2007 tentang standarnya setiap Sekolah pada jenjang pendidikan harus menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

RKAS adalah dokumen yang berisi rencana program pengembangan sekolah satu tahun kedepan.

RKAS adalah jabaran rinci program Sekolah tahunan yang di sebut dengan kegiatan yang di susun oleh Sekolah untuk memenuhi SNP.

Kesimpulan hasil rapat K3S Kepala Sekolah Dasar Kecamatan Pauh sepakat dengan keputusan hasil pengelolaan dana BOS tahun 2022 pungkas sekretaris K3S ISHAK. S. Pd (*)