Kepala BPPKAD Emalia Sari : Aset Tuntas Laporan Keuangan Valid

58

Suasana Sosialisasi Perbup tentang Inventarisasi aset Pemkab Sarolangun

SAROLANGUN – Kepala BPPKAD (Kaban) Emalia Sari membuka acara sosialisasi Peraturan Bupati Sarolangun tentang tata cara pelaksanaan inventarisasi barang milik Daerah, didampingi Kabid Aset Idham Khalik dan diikuti pengurus barang /aset setiap SKPD Pemkab Sarolangun, di Aula Kantor BPPKAD Kabupaten Sarolangun, Rabu (30/10/2019).

Dalam sambutannya, Emalia Sari menyebut inventarisasi aset seperti yang dilakukan saat ini bukan yang pertama kali, hal ini kembali dilakukan untuk memvalidkan aset Pemkab Sarolangun sesuai rekomendasi BPK RI.

“Sesuai temuan dan rekomendasi BPK RI, kita harus menginventariisasi aset untuk memvalidkan aset,” katanya.

Menurutnya ditemukan bahwa ada aset Pemkab yang nilainya tidak sesuai dengan yang tertera di laporan keuangan.

“Kita menemukan bahwa ada aset yang nilainya tidak sesuai lagi dengan yang tertera di laporan,” tambah Kaban.

Lanjut Kaban, tuntas dimaksudkan agar semua SKPD di Pemkab Sarolangun melakukan inventarisasi sampai pemutakhiran data aset.

“Tuntas maksudnya sampai pemutakhiran data, semua SKPD harus melakukan sampai tuntas, karena Aset tuntas laporan keuangan valid,” lanjut Kaban berharap segera dibentuk tim dan bagaimana cara melaksanakan inventaeisasi aset.

Setelah melakukan inventarisasi, pengurus aset di setiap SKPD, harus menyampaikan ekspos hasil inventariisasi dan dibuatkan berita acara, sebagai dasar penyusunan laporan keuangan periode berikutnya.

“Saya mohon kegiatan ini berjalan baik sebelum BPK RI masuk,” tegas Kaban Emalia Sari.

Senada dengan Kaban BPPKAD, Kabid Aset Idham Khalik mengatakan bersyukur atas diraihnya opini audit WTP dari BPK RI tiga kali berturut -turut
“Kita bersyukur tiga kali berturut-turut meraih opini WTP dan peringkat ke 4 tingkat kabupaten/kota se Provinsi Jambi,” ucap Kabid Idham Khalik.

Idham Khalik menyebut penilaian utama dalam audit laporan keuangan salah satunya mengenai aset, dan menurutnya semakin tertib pencatatan aset di setiap SKPD akan terakumulasi pada tertibnya pencatatan aset Kabupaten Sarolangun.

“Saya juga berharap pertemuan ini sebagai ajang silaturahmi dan bertukar pendapat mengenai aset, agar data aset benar-benar valid dan dapat dipertanggung jawabkan,” tutup Kabid Aset Idham Khalik. (*)

Reporter : Abah Agus