Kemenag Syatar: Cegah Covid-19, Calon Pengantin Akad Nikah di Kantor KUA

67

SAROLANGUN (Kemenag) Kabupaten Sarolangun menghimbau setiap calon pengantin yang akan melaksanakan akad nikah diminta agar melakukannya di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarolangun Drs. H.M. Syatar usai menghadiri Rapat Koordinasi Tim Gugus Pencegahan Covid-19 Kabupaten Sarolangun di Aula Kantor Bupati Sarolangun yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sarolangun H. Hilallatil Badri. Senin (30/3/2020).

“Bila pernikahan tidak bisa ditunda maka prosesi akad nikah dilaksanakan di Kantor KUA dan saya minta kepada Kepala KUA dan Penghulu untuk mensosialisasikan informasi ini kepada masyarakat,” terang Ka. Kemenag Syatar.

Kebijakan ini dikeluarkan untuk menghindari terjadinya kerumunan massa dalam rangka mencegah penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Sarolangun. “Jumlah yang hadir dalam akad nikah nanti dibatasi, cukup kedua mempelai, wali nikah, saksi dan keluarga-keluarga inti dari kedua mempelai,” imbuhnya.

Selain itu, dalam prosesi akad nikah baik penghulu, kedua mempelai, wali nikah, saksi-saksi serta yang hadir wajib mengikuti protokol kesehatan yakni dengan mencuci tangan sebelum masuk ruangan, menggunakan sarung tangan, masker dan mengatur jarak tempat duduk agar tidak berdekatan.

“Namun bila keadaan memaksa maka akad nikah boleh dilakukan di rumah dengan syarat tidak mengundang banyak orang yang sifatnya menimbulkan kerumunan karena hal ini merupakan pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku saat ini” pungkasnya.

(Afdol)