Kemenag Sulaiman : Bulan Ramadhan Adalah Bulannya Umat Muslim Seluruh Dunia

50

NETIZENEWS.CO.ID/SAROLANGUN –
Bulan Ramadhan untuk umat muslim di seluruh dunia adalah bulan yang penuh berkah, hikmah dan juga ampunan. Sebab berbagai amal perbuatan bisa menjadi pahala yang berkali lipat. Bahkan juga telah diceritakan kepala kementerian  agama kabupaten Sarolangun Drs. H. Sulaiman, M.H.I

“berpuasa pada bulan Ramadhan adalah pahala. Maka dari itu, adalah hal yang sangat sia-sia bila pada kesempatan bulan Ramadhan ini kita tidak berlomba-lomba dalam mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya”.ucap H. Sulaeman.

Umur seseorang hanya Allah SWT yang mengetahui, selagi kita masih bertemu dengan bulan Ramadhan yang sering disebut bulan seribu bulan ini, maka sangat beruntung untuk umat muslim yang mau menjalankan sunnah demi untuk mengejar pahala. Nabi besar kita,

“Muhammad SAW juga telah mencontohkan kepada umat amalan sunah yang bisa di lakukan pada bulan suci Ramadhan.”

Sulaeman,  Pada bulan Ramadhan juga telah diwajibkan kepada umat Islam untuk berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah ini ternyata mempunyai banyak keutaaman untuk umat Islam, bahkan beberapa menyebutnya ialah bulan seribu bulan. Dan khusus di bulan Ramadhan ini, maka amal kebaikan umat Islam akan dibalas dengan berkah pahala yang juga berlipat ganda, bahkan jika kita menjalani puasa dengan sempurna, pada saat hari lebaran datang kita akan bersih dari dosa seperti bayi yang baru lahir kembali.

Maka dari itu, kita sebagai umat muslim sudah sepantasnya tidak melewatkan bulan Ramadhan dengan kegiatan yang sia-sia seperti mengerjakan sholat wajib waktu Shalat bulan puasa di awal waktu. Untuk itu, alangkah lebih baik kita ketahui bersama apa saja keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah ini.

a. Bulan Diturunkannya Al-Quran
Bulan Ramadhan adalah bulan yang di mana kitab suci umat Islam atau Al-Qur’an untuk pertamakali di turunkan.

b. Amal Sholeh Yang Berlipat Ganda
Sebagai umat Islam yang rutin melakukan amalan sholeh dan juga kewajiban seorang muslim pada bulan Ramadhan akan memperoleh balasan yang berlipat ganda. Hingga sampai 70 kali lipat sebagaimana yang terdapat di dalam Hadist.
c. Bulan Pernuh Keberkahan
Di bulan puasa seorang muslim juga berkesempatan untuk kembali ke jalan yang baik dan memperoleh keberkahan yang nilainya juga sama dengan seribu bulan. Maka jika seorang muslim di bulan puasa saja tidak juga memanfaatkan kesempatannya, maka bulan lain kemungkinan juga akan jauh lebih buruk lagi.
d. Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa
Di bulan Ramadhan ini pula seorang muslim juga berkesempatan untuk meraih pahala yang sebanyak-banyaknya, bahkan ibadah yang sempurna di bulan puasa ini nantinya akan menjadikan seorang muslim suci kembali bagaikan bayi yang baru saja lahir.

e. Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup Selebar-lebarnya pintu untuk kembali ke jalan yang lurus di bulan Ramadhan ini di buka untuk umat Islam yang sesuai dengan Hadist.

f. Bulan yang Mendidik untuk Mencapai Ketaqwaan Menahan haus, lapar serta amarah ini adalah jalan menuju sifat sabar yang taqwa. Dan itu kenapa berpuasa sebulan penuh di Ramadhan bisa membimbing umat Islam untuk mencapai ketawaan yang sesuai dengan surat dalam Al-Quran.

g. Terdapat Malam Lailatul Qadar
Malam 10 hari yang terakhir di bulan Ramadhan adalah waktu yang diantaranya terdapat malam Lailatul Qadar, yang dimana malam tersebut baik diisi doa-doa yang baik dan mukjizat bisa turun pada umat Islam pada malam Lailatul Qadar tersebut. Seperti yang kita semua tahu bahwa Puasa Ramadhan 2018 adalah bulan yang penuh berkah dan juga penuh hikmah. Ramadhan adalah sebuah nama bulan yang kesembilan dalam kalender Islam. Puasa Ramadhan wajib dilaksanakan di bulan Ramadhan oleh orang Islam.

“Ramadhan ini di dahului dengan bulan Sya’ban dan di akhiri dengan bulan Syawwal, sedangkan Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri didahului dengan bulan Ramadhan dan juga di akhiri dengan bulan Dzul-Qa’idah.”

“Lalu Bulan Ramadhan 2018 Jatuh pada tanggal dan bulan berapa? Puasa Ramadhan di tahun 2018 ini insya Allah di awali pada tanggal  15 mei 2018 atau 1 Ramadha.

( Afdol )