Kapolsek Sarolangun Louncing Kampung Tangguh Nusantara

229

SAROLANGUN – Kapolsek Sarolangun dan Bhabinkamtibmas Desa Ladang Panjang bersama unsur Tripika Kecamatan Sarolangun (Kapolsek, Danramil dan Camat) Louncing dan pengecekan Fasilitas Program Kampung Tangguh Nusantara di Desa Ladang Panjang, Kacamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Rabu (24/6/2020).

Dalam Louncing Kampung Tangguh Nusantara Kapolsek Kota Sarolangun AKP S. Berutu, SH bersama Camat Sarolangun Huzairin Saman. Spdi,
Danramil diwakili Babinsa Peltu M. Situmorang, Sekcam, Kepala Desa Ladang Panjang Akhmad Muslim S.KM, dan Ketua BPD Ladang Panjang M.Yahya.

Louncing Program Kampung Tangguh Nusantara Desa Ladang Panjang dan pengecekan Fasilitas Kampung Tangguh Nusantara tingkat Kecamatan Sarolangun.

Kapolsek Camat dan Danramil mendukung penuh program Kampung Tangguh Nusantara untuk sebagai langkah nyata Polri dalam melakukan pencegahan kepada wabah virus Corona Covid-19.

Bhabinkamtibmas Desa Ladang Panjang Brigpol S. Iqbal Arifin secara berkala memantau dan menyambangi Desa binaanya untuk menindaklanjuti program Kapolres Sarolangun yang dulunya kampung siaga Covid-19, kini menjadi Kampung Tangguh Nusantara yang secara Nasional sudah dicanangkan oleh Kapolri.

Kampung Tangguh Nusantara ini sendiri tujuannya adalah mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan penyebaran terhadap Covid-19 atau yang disebut dengan Virus Corona.

Program Kampung Tangguh Nusantara, Desa Ladang Panjang memiliki fasilitas penunjang kesiapsiagaan Covid-19 di antaranya Posko Lumbung Pangan tambak posko kesehatan, ruangan isolasi mandiri, dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Pencanangan kampung Tangguh ditandai dengan peninjauan oleh Kapolsek, Camat, dan Danramil. Kemudian dilanjutkan keliling Kampung Tangguh Nusantara Ladang Panjang untuk memantau tempat dan fasilitas kesiapan yang ada di kampung tersebut.

Adapun fasilitas yang ada di antaranya rumah isolasi di bawah pengawasan Bidan Desa dan tenaga kesehatan, Lumbung pangan, Kawasan Rumah Pangan Lestari dan tambak ikan, dan sebagainya.

Sekira pukul 11.30 WIB tadi siang kegiatan selesai dilaksanakan dalam keadaan aman tertib kondusif selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah dan Silaturahmi dengan masyarakat.

Kapolsek Sarolangun dan Camat Sarolangun usai kegiatan menyampaikan bahwa hari kita Louncing Kampung Tangguh Nusantara. Pembentukan ini merupakan Bottom Up dari masyarakat untuk secara bersinergi, kita tangguh dalam menghadapi Covid-19. “Dengan kebersamaan kita bersatu beserta seluruh potensi yang ada di Desa harus tangguh terhadap dampak Covid-19 sehingga masyarakat bisa semakin produktif.

Dalam pembentukan Kampung Tangguh Nusantara di Desa Ladang Panjang, Kapolsek dan Camat juga peninjauan kelompok tani UMKM tambak ikan.

(Afdol)